Breaking News:

Imlek di Sulut

Begini Cara Umat Tridharma Kota Manado Merayakan Imlek di Tengah Pandemi

Perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek yang jatuh pada 12 Februari 2021 itu menjadi agenda yang ditunggu-tunggu oleh para umat Tridharma di Kota Manado.

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Andreas Ruauw
Suasana perayaan Imlek di Kota Manado sudah mulai dipersiapkan, berbagai ornamen dan pernak pernik khas negeri Tiongkok sudah banyak menghiasi area Klenteng. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Suasana perayaan Imlek di Kota Manado sudah mulai dipersiapkan, berbagai ornamen dan pernak pernik khas negeri Tiongkok sudah banyak menghiasi area Klenteng.

Salah satunya di Klenteng Kwan Kong yang berada di Kelurahan Calaca, Kecamatan Wenang, Kota Manado.

Perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek yang jatuh pada 12 Februari 2021 itu menjadi agenda yang ditunggu-tunggu oleh para umat Tridharma di Kota Manado.

Namun, perayaan tahunan yang cukup meriah tersebut harus tetap mengikuti anjuran Pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Dimana peribadatan pada malam pergantian tahun yang kental dengan tradisi ibadahnya itu harus dilaksanakan secara terbatas.

Wakil Ketua Klenteng Kwan Kong Johan Rawung menuturkan bahwa pada peribadatan pergantian tahun baru Imlek ini bakal ada beberapa perubahan dari segi mekanisme ibadah.

Salah satunya yang diperkenankan hadir melaksanakan hanya sebatas pengurus umat Tridharma di Klenteng Kwan Kong.

"Akan dilaksanakan acara ritual sembahyan di malam menjelang pergantian Tahun Baru Imlek. 

Satu ibadah wajib bagi umat Khonghucu adalah ibadah Zhu Xi yang dimaknai sebagai doa di ujung tahun atau doa penutup tahun," katanya.

Namun, lanjut Rawung, "ibadah hanya sebatas pengurus dan beberapa umat saja, sedangkan yang lainnya melaksanakan ritual sembahyang di rumah masing-masing," ucapnya, Minggu (7/2/2021).

Ia menambahkan pada tahun ini pihak Klentang tidak akan menampilkan pertunjukan kembang api, hal itu dibuat agar tidak menciptakan kerumunan pada malam imlek.

"Selain itu untuk acara ibadahnya sendiri kami sedang mengusahakan agar bisa live streaming atau ibadah virtual, sehingga para umat yang tifak bisa datang bisa menyaksikannya dari rumah," pugkasnya.

Arti Mimpi Jatuh ke Sungai, Sering Dikaitkan dengan Rezeki hingga Keberuntungan, Ini Tafsirannya

BREAKING NEWS : Pedangdut Ridho Rhoma Ditangkap, Diduga Terkait Kasus Narkoba

Komunitas Sepeda Perempuan, WCC Bantu Korban Banjir dan Longsor di Manado

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved