Breaking News:

Berita Boltim

DisperindagKop Boltim Bakal Salurkan Bantuan Dana Insentif Daerah untuk Pelaku Usaha

Kepala DisperindagKop UKM Norma Linggama menjelaskan, tahun 2021 pihaKnya salurkan bantuan melalui Dana Insentif Daerah (DID) untuk pelaku usaha.

Istimewa
Kepala DisperindagKop UKM Norma Linggama. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (DisperindagKop) bakal menyalurkan bantuan stimulan bagi para pelaku usaha.

Kepala DisperindagKop UKM Norma Linggama menjelaskan, tahun 2021 pihaknya salurkan bantuan melalui Dana Insentif Daerah (DID) untuk pelaku-pelaku usaha seperti, pedagang usaha kecil hingga usaha pertukangan.

"Mereka mendapat bantuan stimulan namun bukan dalam perorangan, melainkan dalam bentuk kelompok yang terdiri dari 5 sampai 6 orang," ujarnya.

Lanjutnya, program DID tersebut, adalah salah-satu bentuk perhatian pemerintah kepada pelaku usaha kecil yang nantinya akan menambah penghasilan mereka.

"Ada program DID, diberikan ke kelompok pelaku UMKM seperti pertukangan, pedagang kecil semisal para pembuat kue, pembuat keripik, penjual gorengan, pedagang ikan dalam skala kecil."

"Akan tetapi, sebelumnya kita lakukan verifikasi data penerima per kelompok. Sehingga bantuannya akan tepat sasaran,” jelasnya.

Lanjut Norma katakan, pendataan kelompok akan dilakukan sampai ke desa di mana masing-masing kelompok tersebut, yang sudah masuk di Dinas.

"Total anggaran program DID sekitar Rp 1 miliar. Olehnya, kita harus teliti lakukan verifikasi kembali pelaku usaha. Sebab, data sekitar 3 tahun lalu pelaku UMKM ada sekira 3 ribuan makanya kita lakukan pemutakhiran data," ujarnya.

Ia menambahkan, selain itu juga ada bantuan, penambahan kebutuhan rumah kemasan para pelaku UMKM senilai Rp 1 miliar Dana Alokasi Khusus (DAK). 

"Tujuannya, membantu pelaku supaya usaha mereka bisa jalan, guna menunjang pendapatan mereka demi peningkatan kesejahteraan,” ungkapnya. (ana)

Minimalisir Pelanggaran Lalin, Kodim 1303/Bolmong Perketat Pengawasan Kendaraan Inventaris

Prolegnas Prioritas 2021 Tak Juga Disahkan, Peneliti Formappi Sebut Karena Polemik Revisi UU Pemilu

Masih Ingat Kartika Sari Dewi, Putri Bung Karno? Kini Berduka, Sang Suami Frits Frederik Meninggal

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved