Breaking News:

Tajuk Tamu

Penerapan Pasien Centered Care (PCC) Dalam Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, Studi Analisis

Pasien adalah manusia dengan kebutuhan yang meliputi kebutuhan biologis medis, psikologis, sosial, kultural dan spiritual.

Istimewa
Echa Effendy Siswanto Amir, Mahasiswa Stikes Karya Husada Semarang, Program Studi Magister Keperawatan. 

Penulis: Echa Effendy Siswanto Amir, Mahasiswa Stikes Karya Husada Semarang, Program Studi Magister Keperawatan.

Pasien adalah manusia dengan kebutuhan yang meliputi kebutuhan biologis medis, psikologis, sosial, kultural dan spiritual (biopsikososio kultural-spiritual).

Saat pasien memasuki fasilitas kesehatan hendaknya kebutuhan ini bisa terdeteksi dan rumah sakit dapat memberikan pengasuhan sekaligus pendampingan pada pasien, agar semua kebutuhan pasien dibantu pemenuhannya.

Patient Centered Care (PCC) merupakan suatu pendekatan dalam perencanaan, pemberian dan evaluasi pelayanan kesehatan berbasis pada kemitraan yang saling memberikan manfaat antara penyedia pelayanan, pasien, dan keluarga.

Pelayanan kesehatan berfokus pada pasien merupakan paradigma dalam pelayanan kesehatan yang diharapkan dapat meringankan ‘beban’ pasien saat harus menggunakan fasilitas kesehatan.

Menempatkan pasien sebagai subyek merupakan sebuah perubahan besar.

Selama ini, pelayanan kesehatan berpusat pada rumah sakit atau pada dokter dan menempatkan pasien lebih seperti obyek.

Konsep yang sangat baik ini perlu diterapkan dengan benar agar bisa tercapai tujuannya.

Kehadiran perawat sebagai leader dan manajemen dalam pemberian asuhan keperawatan, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam penerapan inovasi PCC.

Menurut Frampton et al (2008) perawatan yang berpusat pada pasien adalah perawatan yang diatur di sekitar pasien yang mengharuskan penyedia layanan bermitra dengan pasien dan keluarga untuk mengidentifikasi serta memenuhi berbagai kebutuhan dan preferensi pasien.

Halaman
123
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved