Breaking News:

jaringan seluler

Intip Kehebatan Teknologi 5G Pada Smartphone

5G akan menghadirkan beragam manfaat bagi perkembangan teknologi dan kehidupan sehari-hari

Tribunnews.com
Ilustrasi 5G 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah tengah mempersiapkan roadmap penerapan teknologi jaringan 5G di Indonesia. Namun, apa sebenarnya 5G itu?

Dilansir dari Tribunnews.com Kata G merujuk pada generation alias generasi. Jadi, 5G merupakan generasi kelima dari nirkabel seluler. Saat ini jaringan seluler maupun smartphone umumnya mendukung sampai 4G alias generasi keempat.

Sebagai generasi yang lebih baru, 5G akan menghadirkan beragam manfaat bagi perkembangan teknologi dan kehidupan sehari-hari. Lantas apa saja keunggulan dari jaringan 5G?

Apple Kurangi Produksi iPhone 12 Mini, Ini Penyebabnya

Lebih cepat dari 4G

Teknologi teranyar ini digadang-gadang memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dari jaringan pendahulunya. Dikutip dari laman How to Geek, 5G diklaim memiliki kecepatan maksimum hingga 10 giga byte per detik (Gbps). Kecepatan itu jauh lebih tinggi kalau dibandingkan dengan 4G yang hanya memiliki di atas 100 mega byte per detik (Mbps).

Cocok untuk kamu yang suka streaming

Teknologi 5G ini sangat cocok untuk kamu yang suka menghabiskan waktu untuk streaming film di smartphone. Seorang profesor teknik elektro Universitas Columbia New York, Harish Krishnaswamy mengungkapkan, jaringan 5G bisa mempermudah kamu untuk mengunduh film bermemori besar hanya dalam hitungan detik.

Semakin asik untuk para pecinta game online

Karena kecepatan yang dimiliki, jaringan 5G dipercaya akan memberikan pengaruh terhadap industri game online. Bahkan, format video game berbasis realitas virtual atau yang dikenal dengan Virtual Reality (VR) akan semakin banyak diminati oleh masyarakat karena mudahnya konektivitas menggunakan 5G.

Kehadiran 5G juga akan memberikan pengaruh dan peningkatan pada penerapan teknologi Internet of Things (IoT). Saat ini teknologi IoT sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan untuk membantu menjalankan kehidupan sehari, misalnya penggunaan robot.

Halaman
123
Editor: Don Ray Papuling
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved