Breaking News:

RHK Jumat 29 Januari 2021

BACAAN ALKITAB - Bagian Orang Lewi

Sejak zaman Musa dan Harun, orang Lewi atau suku Lewi telah dipilih dan ditetapkan Tuhan Allah sebagai hamba-Nya.

internet
Ilustrasi Renungan 

Yehezkiel 48:13

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sejak zaman Musa dan Harun, orang Lewi atau suku Lewi telah dipilih dan ditetapkan Tuhan Allah sebagai hamba-Nya. Merekalah yang melayani di rumah Tuhan. Para imam hingga imam besar, dipilih dari antara mereka. Itulah sebabnya, mereka tidak mendapatkan bagian tanah dalam ukuran seperti suku lain, yang sekaligus merupakan lahan garapan (pertanian) untuk kehidupan mereka.

Ilustrasi renungan
Ilustrasi renungan (internet)

Bagian mereka diambil dari sebagian tanah persembahan khusus yang dibagi dengan bagian para imam dan tempat maha kudus Tuhan. Bagian mereka "hanyalah" setengah dari tanah persembahan itu, yakni 25.000 x 10.000 hasta yakni atau sekitar 11.250 hektare. Keseluruhan tanah persembahan khusus itu sendiri adalah 25.000 x 20.000 atau seluas 22.500 hektare (bukan 101.250 ha).

Wilayah orang Lewi adalah sejajar dengan bagian dari para imam dan tempat kudus Allah. Atau tanah persembahan khusus yang dibagi dua.

Demikian firman Tuhan hari ini.
"Bagian orang-orang Lewi ialah sejajar dengan wilayah imam-imam, panjangnya dua puluh lima ribu hasta dan lebarnya sepuluh ribu hasta. Jadi seluruhnya ialah: panjang dua puluh lima ribu hasta dan lebar dua puluh ribu hasta." (ay 13)

Suku Lewi telah dikhususkan Allah mengemban misi mulia sebagai hamba Tuhan. Mereka tidak akan menggarap ladang pertanian dan atau bekerja untuk pekerjaan manusia biasa. Mereka hanya akan melayani Allah seumur hidup mereka. Itulah ketetapan Allah.

Bagaimana dengan kehidupan mereka? Allahlah yang menyediakannya dengan memerintahkan agar semua suku-suku Israel, memberikan persembahan atau pemberiannya kepada mereka. Semua suku, bani dan puak-puak keturunan Yakub wajib memenuhi kebutuhan suku Lewi.

Sebab bangsa Lewi tidak mendapatkan lahan garapan untuk pertanian demi msmenuhi lumbung kehidupan mereka. Mereka sepenuhnya fokus bertugas melayan di bait suci, di rumah Allah. Mereka bertanggungjawab atas semua pelayanan di Bait Suci dan sekitarnya. Tugas mereka hanya melayani Tuhan saja. Selain orang Lewi, dilarang masuk. Kalau tidak akan mati binasa.

Sahabat Kristus, siapakah kita di zaman now? Tergolong orang Lewi kah? Atau 11 suku yang lain. Jika sebagai Lewi, apakah kita sebagai imam atau imam besar, atau orang Lewi "kebanyakan" yang juga tetap bertugas hanya melayani Tuhan, tanpa tugas dan atau kewajiban lain, sehingga menjadi sumber pendapatan kita.

Jika kita orang Lewi, maka tunaikanlah itu setulus hati dalam kehambaan. Syukurilah apapun pemberian Tuhan bagi kita sebagai hamba-Nya. Jangan justeru kita menjadi hamba Tuhan yang ambisius maupun serakah karena tidak puas dengan apa yang kita miliki sesuai keberadaan kita sebagai hamba Tuhan. Kita mensyukuri dan menikmati dengan sukacita apapun yang Tuhan berikan bagi kita dengan terus semangat menunaikan tugas pelayanan dan tanggungjawab kita.

Halaman
12
Editor: Aswin_Lumintang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved