Breaking News:

Info Cuaca

Kondisi Atmosfer Tidak Stabil 6 Daerah di Indonesia Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem

Sulawesi Selatan menjadi satu dari enam daerah di Indonesia yang masuk dalam kategori siaga bencana selama dua hari ke depan.

Editor: muhammad irham
Tribunnews
Peringatan Cuaca Ekstrem BMKG 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sulawesi Selatan menjadi satu dari enam daerah di Indonesia yang masuk dalam kategori siaga bencana selama dua hari ke depan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, ada enam daerah di Indonesia yang memiliki potensi banjir dengan status siaga.

Keenam daerah itu yakni:

Banten
DKI Jakarta
Jawa Barat
Jawa Tengah
Sulawesi Selatan
Papua Barat

Dalam data yang sama, BMKG juga memprediksi adanya hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir atau kilat selama sepekan ke depan di sejumlah daerah.

Hal itu didasari atas analisis BMKG yang menunjukkan ketidakstabilan kondisi atmosfer dalam beberapa hari ke depan, sehingga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

"Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia," ujar Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (27/1/2021).

Selain itu, munculnya pusat tekanan rendah di Australia bagian utara mendorong terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia.

Potensi hujan lebat

Berikut daerah yang berpotensi hujan lebat selama sepekan ke depan:

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved