Breaking News:

Penanganan Covid

Banjir dan Tanah Longsor di Manado, Prokes Kurang Diperhatikan Menyumbang Bertambahnya Kasus Covid

Dari data satgas Covid-19 di kota Manado, per-Selasa (26/1/2021) malam, Manado menyumbang 59 kasus terbanyak di Sulawesi Utara.

Penulis: Fistel Mukuan | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Fistel Mukuan
Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan kota Manado Ivan Sumenda dalam laporan tertulis menyampaikan situasi bencana alam di tengah keberlangsungan Pandemi Covid-19 membuat perhatian petugas kesehatan terbagi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Banjir dan tanah longsor yang menimpa Kota Manado membuat kasus terkonfirmasi positif Covid-19 semakin bertambah.

Dari data satgas Covid-19 di kota Manado, per-Selasa (26/1/2021) malam, Manado menyumbang 59 kasus terbanyak di Sulawesi Utara.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan kota Manado Ivan Sumenda dalam laporan tertulis menyampaikan situasi bencana alam di tengah keberlangsungan Pandemi Covid-19, membuat perhatian petugas kesehatan terbagi.

Apalagi ditambah tidak sedikit tenaga kesehatan yang sedang melaksanakan isolasi baik mandiri, rumah singgah bahkan juga ada yang sedang dirawat di Rumah Sakit (RS).

"Hal ini menyebabkan terbaginya fokus perhatian Dinas Kesehatan Kota Manado pada Program Penanggulangan Krisis Kesehatan yang berada di bawah koordinasi seksi surveilans dan imunisasi bidang P2P Dinkes Kota Manado," ucapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, program nasional vaksinasi Covid-19 juga cukup menyita sumber daya bahkan perhatian dari petugas Dinas Kesehatan Kota Manado

Dengan begitu Kadis menegaskan kegiatan evakuasi serta pelayanan kesehatan pada lokasi bencana juga harus dibarengi dengan edukasi untuk mengingatkan pada masyarakat terkait Protokol Kesehatan.

"Meskipun pada situasi tersebut dapat disaksikan bahwa protokol kesehatan agak kurang diperhatikan hal ini juga turut menyumbangkan peningkatan Kasus Covid-19 di Kota Manado," tambahnya.

Pertambahan per hari cukup signifikan dan sebagai informasi per tanggal 23 Januari 2020 kasus konfirmasi Kota Manado telah mencapai 4110, belum tercatat kasus dalam verifikasi alamat dengan jumlah kasus meninggal positif sebanyak 154.

"Selain itu banjir Januari 2021 ini berdampak lebih luas dari sebelumnya sisi lain banyaknya sampah yang berserakan di ruas-ruas jalan utama menimbulkan persoalan lain di wilayah," tutupnya.(fis)

Pemprov Sulut dan UI Sepakat Kerja Sama Beasiswa Program Doktor

8 Kasus Besar Ditangani Listyo Sigit Sebelum jadi Kapolri, Salah Satu Penyerangan Laskar FPI

Pidato Perdana Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo Setelah Dilantik Presiden Jokowi

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved