Breaking News:

Berita Bolsel

Februari Nanti Disperindagkop Bolsel Siap Pelatihan Ketahanan Pangan Untuk Penerbitan PIRT

Kegiatan ini merupakan salah satu dukungan pemerintah kepada pelaku UMKM yang bergerak dalam cluster Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). 

Istimewa
Alsyafri Kadullah - Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Bolsel, Alsyafri Kadullah, saat ditemui Selasa (26/1/2021) di kantornya mengatakan saat ini produk olahan makanan kemasan produksi Bolsel telah banyak beredar di masyarakat. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOLAANG UKI --  Dinas Perindustrian dan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM, Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) akan segera menggelar pelatihan kewirausahaan dan ketahanan pangan pada pertengahan bulan februari 2021 mendatang.

Kegiatan ini merupakan salah satu dukungan pemerintah kepada pelaku UMKM yang bergerak dalam cluster Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). 

Ini merupakan izin krusial yang harus dipenuhi agar sebuah produk makanan bisa diedarkan.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Bolsel, Alsyafri Kadullah, saat ditemui Selasa (26/1/2021) di kantornya mengatakan saat ini produk olahan makanan kemasan produksi Bolsel telah banyak beredar di masyarakat.

Namun ini perlu mendapat fasilitas perizinan dari pemerintah, salah satunya PIRT.

"Outputnya kami harapkan semua produk kemasan Bolsel telah memiliki PIRT, ini juga upaya untuk melindungi konsumen,” ungkap Kadullah. 

Lanjutnya, dimana berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 22 Tahun 2018 tentang pedoman pemberian sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga.

Dijelaskan bahwa pengertian PIRT adalah sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) yang diberikan oleh Bupati atau Walikota melalui Dinas Kesehatan.

“Sertifikat ini mengacu bahwa pangan hasil produksi yang dihasilkan telah memenuhi persyaratan dan standar keamanan yang telah ditentukan,” ungkapnya. 

Kegiatan mendatang, menurutnya akan melibatkan Dinas Kesehatan sebagai instansi terkait yang nantinya akan memberikan penyuluhan dalam pelatihan nanti.

Halaman
12
Penulis: Nielton Durado
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved