Breaking News:

Vaksinasi Covid

Juru Imunisasi Jadi Vaksinator Covid 19: Kami Siap Lahir Batin

"Kami punya 18 Puskesmas. Setiap Puskesmas memiliki satu vaksinator," kata Kadis Kesehatan Bolmong Erman Paputungan kepada Tribun Manado.

Do.Shutterstock
Ilustrasi vaksin Covid-19 - Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Bolmong telah menyiapkan Vaksinator Covid 19 di setiap Puskesmas. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menyiapkan Vaksinator Covid 19 di setiap Puskesmas.

"Kami punya 18 Puskesmas. Setiap Puskesmas memiliki satu vaksinator," kata Kadis Kesehatan Bolmong Erman Paputungan kepada Tribun Manado Rabu (20/1/2021).

Sebut dia, para vaksinator Covid 19 adalah para perawat yang selama ini menjabat juru imunisasi (Jurim) di tiap Puskesmas.

Mereka sudah menjalani pelatihan vaksinasi Covid 19 via aplikasi zoom dengan pemateri dari kementerian.

"Pada dasarnya cara menyuntiknya sama. Jadi tak ada kendala berarti," katanya.

Dalam praktek penyuntikan vaksinasi covid 19 nanti, para vaksinator akan dibantu empat orang. Seorang diantaranya dokter.

"Dokter akan menanyakan tentang riwayat penyakit dan menangani reaksi awal pasca penyuntikkan," kata dia.

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan penyakit Yusuf Detu mengakui, luasnya wilayah Bolmong akan jadi tantangan tersendiri bagi para vaksinator.

Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan panduan.

"Kalau saat ini belum terlalu sulit karena baru tenaga kesehatanNantinya akan jadi problem jika vaksinasi sudah mencakup masyarakat umum. Tapi hal itu sudah kami antisipasi," beber dia.

Halaman
1234
Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved