Breaking News:

Peringatan Dini BMKG

Daftar Daerah di Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem Tanggal 19 Hingga 24 Januari 2021

Cuaca ekstrem tersebut sangat berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor

Istimewa
Presiden Joko Widodo yang berada di dalam mobil kepresidenan melintasi banjir di Desa Pekauman Ulu, Kabupaten banjar, Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sudah ada peringatan dini cuaca ekstrem BMKG selama lima hari.

Sejak tanggal 19 Januari hingga 24 Januari 2021.

Berikut daftar daerah di Indonesia yang berpotensi alami cuaca ekstrem selama lima hari.

FOTO ILUSTRASI Banjir bandang terjang pemukiman warga di kawasan Puncak Bogor, Selasa (19/1/2021).
FOTO ILUSTRASI Banjir bandang terjang pemukiman warga di kawasan Puncak Bogor, Selasa (19/1/2021). (TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy)

Ada 27 daerah di Indonesia yang waspasa cuaca ekstrem sesuai data BMKG.

BMKG juga sudah mengingatkan sejumlah daerah yang berpotensi banjir di Januari 2021 ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada masyarakat di sejumlah daerah agar waspada cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

Peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang dapat berisiko mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir salah satunya ini dikarenakan sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki musim hujan pada Januari hingga Februari 2021 ini.

"Saat ini tercatat sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 94 persen dari 342 Zona Musim telah memasuki musim hujan," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati di Jakarta, Senin (18/1/2021).

Deputi Bidang Klimatologi, Herizal menjelaskan bahwa sebagian besar wilayah terutama Jawa, Bali, Sulawesi Selatan hingga Nusa Tenggara saat ini telah memasuki puncak musim hujan yang diperkirakan akan berlangsung hingga Februari 2021.

"Untuk itu, BMKG terus meminta masyarakat dan seluruh pihak untuk tetap terus mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang cenderung meningkat di dalam periode Puncak Musim Hujan ini," ujar Herizal.

Halaman
1234
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved