Breaking News:

Ibadah Haji

Musim Haji 5 Bulan Lagi, Belum Ada Kejelasan dari Arab Saudi

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) belum memperoleh informasi mengenai kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021

net/aljazeera.com
Jemaah berjalan mengitari Kakbah pada ritual hari pertama ibadah haji, Rabu (29/07/2020). Selain jumlah yang terbatas, jemaah juga harus menjaga jarak sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) belum memperoleh informasi mengenai kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan pihaknya terus membangun komunikasi dengan otoritas Arab Saudi untuk memperoleh informasi terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 2021.

Hal itu disampaikannya dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Senin (18/1).

"Dirjen penyelenggaraan haji dan umrah telah bertemu dan berkoordinasi dengan otoritas terkait di Arab Saudi pada Desember 2020 dan insya Allah nanti sore kita jadwalkan untuk berkomunikasi secara virtual dengan menteri haji dan umrah Arab Saudi untuk memperoleh kepastian ini," ucap Yaqut.

"Dari koordinasi tersebut diperoleh informasi sementara bahwa sampai saat ini kepastian tentang ada atau tidaknya penyelenggaraan ibadah haji 2021 belum diperoleh," lanjutnya.

Menag menyampaikan, pemerintah Arab Saudi saat ini masih fokus pada penanganan covid-19 di dalam negeri serta pemantauan penanganan covid-19 pada negara-negara pengirim jemaah haji. Namun demikian, Kemenag telah menyiapkan tiga skenario terkait penyelenggaraan ibadah haji 2021.

Pertama kuota penuh, kedua kuota terbatas dan ketiga tidak memberangkatkan jemaah haji seperti tahun lalu.

"Pemerintah saat ini tetap bekerja untuk menyiapkan opsi pertama yaitu kuota penuh meskipun sangat bergantung dengan pemerintah Saudi," ucap Yaqut.

"Kita semua berharap agar wabah ini segera berakhir sehingga penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 bisa berjalan secara normal seprti tahun-tahun sebelumnya," lanjutnya.

Yaqut melanjutkan, sesuai dengan kalender hijriah dan jika berdasarkan asumsi haji bisa dilaksanakan normal, Kemenag memperkirakan jadwal pemberangkatan kloter awal jamaah haji tahun 2021 akan mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2021.

"Kondisi ini menunjukkan bahwa waktu yang tersisa untuk persiapan penyelenggaraan ibadah haji hanya tersisa sekitar 5 bulan," pungkasnya.

Halaman
123
Editor: muhammad irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved