Breaking News:

Otomotif

Harga Mobil Naik 1 Persen, Imbas Kewajiban Pasang APAR

PT Honda Prospect Motor (HPM) akan menyediakan Alat Pemadam Api Ringan atau APAR pada setiap mobil dengan Vehicle Identification Number (VIN) 2021.

kompas.com
Ilustrasi APAR di dalam mobil 

TRIBUNMANADO.CO.ID - PT Honda Prospect Motor (HPM) akan menyediakan Alat Pemadam Api Ringan atau APAR pada setiap mobil dengan Vehicle Identification Number (VIN) 2021.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.

"Untuk semua mobil yang VIN 2021 itu sudah dilengkapi APAR. Kalau sebelum VIN 2021 tidak kami siapkan. Patokan kami jadi VIN number 2021 ya," tutur Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy saat jumpa pers virtual, Senin (18/1/2021).

Honda memastikan APAR akan tersedia di setiap model mobilnya, baik itu produksi dalam negeri atau Completely Knock Down CKD dan mobil-mobil CBU (Completely Built Up). Dengan bertambahnya perlengkapan keselamatan pada mobil baru yang dijual, Honda akan menyesuaikan harga kendaraannya.

Nantinya, setiap mobil yang dijual dan sudah dilengkapi APAR akan mengalami kenaikan harga sekitar satu persen.

"Salah satu unsur kenaikan harga itu adalah pajak, fitur atau kelengkapan mobil lainnya seperti APAR ini. Tentunya kenaikannya sekitar satu persenan dari kami. Ini karena ada faktor teknisnya, ada faktor fiturnya dan kelengkapan mobil seperti APAR ini," jelas Billy.

Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menuturkan bahwa pihaknya telah mulai melengkapi kendaraan yang dijual dengan APAR. "Iya, kita sudah mulai melengkapi dengan APAR," kata Anton saat dihubungi Tribun.

Toyota menyebut dengan penambahan APAR ini, perusahaan akan menyesuaikan harga jual mobilnya. Namun, dipastikan penyesuaian tersebut dilakukan seefisien mungkin agar konsumen tak terbebani.

"Iya, tentunya ada pengaruhnya terhadap harga. Tapi kami coba usahakan seefisien mungkin," jelas Anton.

Sementara itu, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengatakan konsumen yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat keluaran tahun sebelum 2021 bisa saja membeli APAR di diler resmi. Akan tetapi saat ini belum bisa karena hanya bisa dibeli di lokasi resmi saja.
Mengenai jenis APAR kata Bambang adalah tidak mudah meledak dan maximal temperature.

Halaman
123
Editor: muhammad irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved