Breaking News:

Politik

Peringati HUT ke-48, PDI Perjuangan Fokuskan Perhatian Pada Pelestarian Lingkungan dan Politik Hijau

Memperingati HUT PDI Perjuangan yang ke-48, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, DPP PDI Perjuangan Deddy Sitorus

Editor: Majer Lumantow
Tribunnews
Peringati HUT ke 48 PDI Perjuangan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Memperingati HUT PDI Perjuangan yang ke-48, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, DPP PDI Perjuangan Deddy Sitorus mengatakan tema “Indonesia Berkepribadian Dalam Berkebudayaan” merupakan respons terhadap dinamika politik tanah air.

Oleh karena itu dalam momentum HUT PDI Perjuangan ini, DPP PDI Perjuangan memutuskan untuk fokus pada dua kegiatan utama yaitu: Gerakan Menanam Pohon di Daerah Aliran Sungai, yang dilakukan di seluruh Indonesia serta bagaimana membangun Politik Hijau di tanah air.

DPP Partai juga melihat kecenderungan meningkatnya kerusakan terhadap lingkungan hidup, terutama ekosistem sungai yang berdampak terhadap kehidupan manusia seperti: banjir, tanah longsor, pencemaran dan berbagai bentuk kerusakan ekologis lainnya.

"Kegiatan ini mengambil tema “Sungai Jalan Peradaban” dan diharapkan mampu menggugah kesadaran, terutama generasi milenial bahwa lingkungan hidup terutama sungai adalah pilar peradaban dan kunci keberlanjutan hidup manusia," kata Deddy dalam keterangannya, Minggu (10/1/2021).

 
"Seluruh peradaban besar manusia di dunia ini umumnya berbasis sungai, hampir semua kota besar di dunia juga pasti berada di aliran sungai. Oleh karena itu menyelamatkan sungai berarti menyelamatkan manusia dan peradabannya, generasi milienial harus menyadari itu," ujar Deddy.

Selain itu, saat ini bumi dihantui oleh masalah dampak perubahan iklim yang sangat berdampak kepada seluruh aspek kehidupan manusia.

Dampak dari perubahan iklim akan berakibat fatal bagi penduduk bumi yang menggantungkan kehidupannya di sektor pertanian dan kelautan, bagi anak-anak, perempuan dan yang berusia lanjut.

"Mereka yang saya sebut di atas adalah korban utama dan pertama dari pemanasan global dan perubahan iklim," lanjut anggota DPR RI yang cukup lama menjadi aktivis lingkungan hidup sebelum terjun ke dunia politik ini.

Selain itu negara-negara tropis dan negara miskin juga akan menjadi korban pertama dan utama yang merasakan dampak pemanasan global dan perubahan iklim, dalam bentuk naiknya permukaan air laut, naiknya suhu bumi, terjadinya perubahan iklim setempat yang berakibat rusaknya budi daya pertanian, perikanan dan hilangnya daerah pesisir pantai.

"Oleh karena itulah melalui kegiatan menanam pohon yang bertepatan dengan Hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia ini, PDI Perjuangan berharap semua pihak meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup dan Politik Hijau, untuk menyelamatkan kehidupan dan peradaban manusia," lanjut Deddy.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved