Breaking News:

BACAAN ALKITAB Sabtu 9 Januari 2021

RENUNGAN ALKITAB - Kekuatan Sapaan dan Salam

Ada 25 nama yang disebut Paulus ketika menitip salamnya dalam suratnya kepada jemaat di Roma. Terdapat juga 2 nama lain

ilustrasi 

Roma 16:14-16

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada 25 nama yang disebut Paulus ketika menitip salamnya dalam suratnya kepada jemaat di Roma. Terdapat juga 2 nama lain yang disebutnya, yakni Aristobulus dan Narkisus. Namun mereka tidak terlibat dalam pelayanan. Mereka hanya pemilik rumah tempat para hamba Kristus tinggal.

Nama-nama terakhir yang disebutkan Paulus adalah Asinkritus, Flegon, Hermes, Patrobas, Hermas, Filologus, Yulia, Nereus, Olimpas plus saudara, teman sepelayanan dan semua jemaat atau orang-orang kudus.

Renungan Harian Kristen
Renungan Harian Kristen (Istimewa)

Biasanya, sapaan nama dan titipan salam itu terkesan basa-basi, atau sekedar saja. Tapi tidak bagi Paulus. Justeru sapaan dan salam Paulus itu memiliki makna yang sangat dalam dan mengandung kekuatan spiritual, motivasi dan dorongan dalam melayani.

Karena itu, Paulus menasihati semua di jemaat Roma agar bersalam-salaman. Bahkan bukan sekedar salam, tapi

Baca juga: Bumbu Dapur Tingkatkan Imunitas Tubuh Jahe, Kunyit, Kayu Manis, Cengkeh dan Pala

dengan ciuman kudus. Demikian mendalam dan pentingnya salam itu sehingga Paulus mengurai dan menyapa mereka satu persatu.

Demikian firman Tuhan hari ini.
"Bersalam-salamlah kamu dengan cium kudus. Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus." (ay 14-16)

Paulus sangat tahu, bahwa sebagai manusia biasa, teman-teman pelayananya butuh motivasi, perhatian dan penguatan. Karena itu, dengan menyebut nama mereka dan menyampaikan salam, hal itu lebih membangkitkan semangat kebersamaan dalam pelayanan jemaat mula-mula.

Baca juga: KPK Menyoroti Data Bansos, Apakah Sudah Akurat?

Baca juga: Martunis: Saya Tidak Merasa Diangkat Menjadi Anak Angkat Cristiano Ronaldo

Sangat jauh berbeda sapaan orang dengan menyebut nama kita dan tidak. Coba kita bayangkan dan bedakan rasanya. Pasti beda. Ketika nama kita disebut, pasti ada kebanggaan, motivasi dan semangat. Demikian juga ketika kita berjauhan kemudian dikirimi salam sambil disebutkan nama kita.

Kita pasti merasa tersanjung. Mengapa? Karena di balik sapaan dan salam itu, ada perhatian dan ada kasih yang tulus di dalamnya. Itulah kekuatan cinta dan kasih dalam Tuhan di balik sebuah sapaan dan salam.

Halaman
12
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved