Breaking News:

Berita di Minut

PNS Minahasa Utara Wajib Masuk Kantor Senin 04 Januari 2020 Besok, Tak Masuk Sanksi Menanti

Ia mengatakan pihaknya siap memberikan sanksi tegas sesuai aturan bagi ASN yang tak masuk kantor saat masuk kerja perdana.

Tribun Manado/Don Ray Papuling
Sekda Minahasa Utara Jemmy Kuhu 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Provinsi Sulawesi Utara wajib masuk kantor pada Senin (04/01/2020) besok

Sekda Minut, Jemmy Kuhu mengatakan sanksi tegas akan menanti jika tak masuk kantor besok

Ia mengatakan pihaknya siap memberikan sanksi tegas sesuai aturan bagi ASN yang tak masuk kantor saat masuk kerja perdana.

"Ini bertujuan untuk menerapkan kedisiplinan serta revolusi mental. Jadi ada reward dan punishmen bagi pegawai, supaya dapat memotivasi sekaligus memberikan efek jera.

Baca juga: UPDATE Virus Corona di Minahasa Utara, Bertambah 6 Orang, Total 882 Kasus

Baca juga: JADWAL Liga Italia: Juventus vs Udinese, Andrea Pirlo Singgung Mantan Pemain Bianconeri

Pastinya selama pegawai itu disiplin dan berkinerja baik, maka tidak mungkin kita selaku pimpinan akan menutup mata," tegasnya.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono mengatakan, PNS sebagai abdi negara harus mematuhi peraturan yang berlaku, termasuk aturan mengenai jam kerja yang berlaku di lingkungan pemerintahan.

"Hari Senin (4/1/2021), kan, waktu PNS bekerja kembali, bisa WFH atau WFO. Tentunya PNS harus taat pada aturan mengenai jam kerja, tidak boleh tidak masuk atau bolos kerja tanpa keterangan yang sah," kata Paryono 

Ia mengatakan jika tanpa keterangan, maka ASN bisa dijatuhi hukuman kedisiplinan, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010.

"Dalam beleid disebutkan, hukuman bisa bervariasi sesuai berapa lama PNS tersebut tidak masuk kerja tanpa keterangan," ujarnya

Jika masih membolos kerja tambah dia, tentu sesuai dengan PP Nomor 53/2010 bisa dijatuhi hukuman disiplin. Tergantung jumlah hari mereka tidak masuk kerja

"Dalam PP, ada 3 tingkat dan jenis hukuman disiplin bagi PNS yang melanggar aturan. Tingkat hukuman terdiri dari hukuman disiplin ringan, hukuman disiplin sedang, dan hukuman disiplin berat," jelasnya

Jika pelanggaran masuk skala ringan, terang dia, hukuman yang dikenakan berupa teguran lisan, teguran tertulis, dan pernyataan tidak puas secara tertulis.

Sedangkan lanjutnya jika sedang, hukuman bisa berupa penundaan kenaikan gaji berkala selama 1 tahun, penundaan kenaikan pangkat, dan penurunan pangkat.

"Jika lebih berat, PNS akan mengalami penurunan pangkat satu tingkat lebih rendah selama 3 tahun, pemindahan, pembebasan dari jabatan, pemberhentian dengan hormat, dan pemberhentian tidak dengan hormat," tuturnya

Ia mengatakan jika bolos 1-15 hari, PNS akan mendapat hukuman ringan. Sementara bolos kerja 16-30 hari, PNS akan dikenakan hukuman ringan, seperti penundaan gaji dan penundaan kenaikan pangkat dan lebih lama dari itu, atau bolos 31-46 hari, pemerintah tak segan-segan memberikan hukuman berat. (drp)

Penulis: Don Ray Papuling
Editor: Aldi Ponge
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved