Breaking News:

Penanganan Covid

Zona Merah Covid 19, Pemkot Kotamobagu Minta Warga Rayakan Tahun Baru di Rumah

Untuk Pemerintah Kota Kotamobagu melakukan beberapa upaya penanggulangan penularan, apalagi menjelang pisah sambut tahun 2020 ke 2021.

Tribun Manado/Alpen Martinus
Sekretaris Kota (Sekkot) Kotamobagu Sande Dodo 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Pandemi Covid 19 yang masih terjadi di Kota Kotamobagu Sulawesi Utara. Bahkan status penyebarannya sudah zona merah.  

Untuk Pemerintah Kota Kotamobagu melakukan beberapa upaya penanggulangan penularan, apalagi menjelang pisah sambut tahun 2020 ke 2021.

Beberapa upaya yang dilakukan, dengan mengeluarkan surat edaran Wali Kota Kotamobagu, sekaligus penegasan kepada masyarakat.

Sande Dodo Sekkot Kotamobagu mengatakan, warga diimbau agar tidak melaksanakan acara penyambutan tahun baru 2021 dalam bentuk apapun yang mengumpulkan banyak orang dan menimbulkan kerumunan.

Baca juga: Kecelakaan Maut Tadi Pagi, Truk Pengangkut Buah Tabrak Kendaraan di Depannya, Kakak dan Adik Tewas

Baca juga: Tokoh Islam Bolmong Dukung Langkah Pemerintah Bubarkan FPI, Ketua MUI: Demi Keutuhan NKRI

Termasuk tidak menyalakan petasan dan kembang api, dan tidak keluar rumah mulai pukul 20.00 Wita. 

"Akan diberlakukan jam malam, kecuali bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah," jelasnya, Rabu (30/12/2020).

Diimbau juga kepada semua pelaku usaha, restoran, cafe, tempat hiburan, toko swalayan, agar dapat mematuhi jam operasional yang sudah ditetapkan dalam surat edaran sebelumnya, yakni pukul 20.00 Wita, dengan ketentuan berlaku selama Kota Kotamobagu berstatus Zona Merah Covid-19. 

Kepada pemiiik alat musik, disko, tenda atau kanopi agar tidak menyewakan peralatannya, untuk digunakan oleh masyarakat pada 31 Desember 2020, bila ditemukan terdapat peralatan tersebut yang sedang digunakan, akan disita oleh aparat. 

Selain itu, kepada Camat, Lurah dan Sangadi, agar melakukan publikasi di wilayah masing-masing, pada 30 dan 31 Desember 2020.

Ditegaskan kembalj kepada lurah dan sangadi, di bawah pengawasan Camat, agar melakukan penjagaan di perbatasan wilayah masing-masing, termasuk pengawasan terhadap tempat usaha yang melewati batas waktu operasional yang ditentukan, bagi masyarakat yang melanggar agar ditindak sesual ketentuan yang berlaku. 

Baca juga: Jika Anda Dapat SMS ini, Anda Diwajibkan Mengikuti Vaksinasi Covid-19, Cek HP-mu Sekarang

"Tidak ada kagiatan yang dilaksanakan di seluruh lapangan dan jalan protokol yeng ada di Kota Kotamobagu," jelasnya.

Kepada para Camat, agar melaksanakan apel kesiapan pada hari kamis, 31 Desember 2020 jam 16.00 wita, di wilayah masing-masing dan langsung melakukan penjagaan di tempat-tempat yang berpotensi terjadinya kerumunan. 

Pada 31 Desember 2020 setelah pukul 20.00 Wita, agar tidak ada kendaraan bermotor semua jenis yang diparkir di pinggir jalan di seluruh Wilayah Kota Kotamobagu

Demi kesehatan bersama agar menyambut tahun baru 2021 dilaksanakan di rumah masing-masing.

"Tanpa acara musik dan sebagainya," ujar dia. (Amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved