Kerumunan Massa di Acara Rizieq Shihab

Rizieq Shihab Jadi Tersangka Tunggal di Kasus Kerumunan di Megamendung

Kepolisian terus menindak kasus kerumunan massa terkait pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Shihab

Editor: Aswin_Lumintang
Tribunnews.com/Jeprima
Habib Rizieq Shihab menuju mobil tahanan setelah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Minggu (13/12/2020). Rizieq Shihab diperiksa sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Kepolisian terus menindak kasus kerumunan massa terkait pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Shihab (MRS).

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi menyatakan penyidik Bareskrim Polri telah menetapkan Muhammad Rizieq Shihab (MRS) sebagai tersangka dalam kasus kerumunan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Sejumlah umat islam melakukan aksi serentak (Flash Mob) membentang spanduk di depan Masjid Raya, Medan, Rabu (16/11/2020). Aksi yang diikuti ratusan orang tersebut sebagai upaya gerakan kemanusiaan dan keadilan terhadap Habib Rizieq Shihab dan penembakan enam Laskar Front Pembela Islam (FPI).
Sejumlah umat islam melakukan aksi serentak (Flash Mob) membentang spanduk di depan Masjid Raya, Medan, Rabu (16/11/2020). Aksi yang diikuti ratusan orang tersebut sebagai upaya gerakan kemanusiaan dan keadilan terhadap Habib Rizieq Shihab dan penembakan enam Laskar Front Pembela Islam (FPI). (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

"Sudah keluar tersangka (kerumunan) Megamendung. RS tersangkanya Rizieq," kata Andi di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Dalam kasus ini, Rizieq diduga melanggar Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, dan Pasal 216 KUHP.

Menurut Andi, saat ini Rizieq masih sebagai tersangka tunggal dalam kasus tersebut. Sebab berbeda dengan kerumunan di Petamburan, kegiatan di Megamendung tidak ada kepanitiaan.

"Dia tidak ada kepanitiaan, panitianya nggak ada kalau Megamendung," pungkasnya.

Sebelumnya, pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mengunjungi Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah, Megamendung, Kabupaten Bogor pada beberapa waktu lalu.

Para santri antusias menyambut kedatangan Rizieq.Dalam kegiatan itu terjadi kerumunan massa. Sebagian massa bahkan ada yang tak mengenakan masker.

Baca juga: Selamatkan Wanita, Tiga Polisi Ditembak Mati, Pelakunya Bakar Rumah Hingga Dia Ditemukan Meninggal

Baca juga: Menteri Baru Sudah Diumumkan dan Tak Ditunjuk, Fadli Zon Tertawa: Sejak Awal Saya Tidak Mau

Kasus tersebut semula ditangani oleh Polda Jawa Barat yang kemudian berkas perkara itu dilimpahkan ke Bareskrim Polri.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Polri: Rizieq Shihab Jadi Tersangka Kasus Kerumunan di Megamendung, https://www.tribunnews.com/nasional/2020/12/23/polri-rizieq-shihab-jadi-tersangka-kasus-kerumunan-di-megamendung.
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Malvyandie Haryadi

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved