Breaking News:

Sulut

Peringatan HKSN, Kemensos Kucur Rp 6 Miliar Bantu Penanganan Covid 19 di Sulut

Inilah rincian bantuan untuk Sulut dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Diberikan pada momen peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Handhika Dawangi
Istimewa
Sulut dapat bantuan Rp 6,03 Miliar dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, untuk penanganan covid 19. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengucur bantuan Rp 6,03 Miliar ke Provinsi Sulut.

Bantuan diberikan pada momen peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos RI, Edi Suharto menjelaskan bantuan tersebut antara lain terdiri dari alat rapid test untuk penanganan covid 19, bantuan sembako bagi korban covid, pengembangan ekonomi keluarga tidak mampu, dan bantuan renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu).

Bantuan ini berasal dari hibah dalam negeri, program CSR dunia usaha, dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).

Adapun rincian bantuannya antara lain, 15.000 paket sembako Kemensos Hadir senilai Rp 1,5 miliar, Bantuan 84 KUBE untuk usaha rakyat kecil Rp 1,68 miliar, Bantuan renovasi rumah tidak layak huni untuk 150 rumah Rp 2,2 miliar , dan bantuan alat rapid test sebanyak 10.000 Rp 600 juta.

"Pada momen HKSN mari kita gunakan sebagai momentum untuk saling bantu dalam menangani pandemi covid 19,” kata Edi Suharto saat menyerahkan bantuan alat rapid test kepada pemkot Tomohon, Jumat (18/12/2020), mewakili Menteri Sosial Ad Interim, Edi Suharto

Ia menyampaikan, penanganan Covid-19 ini memerlukan persatuan, kesatuan, gotong royong, kebersamaan, di antara elemen masyarakat.

Khusus pemberdayan sosial, di dalamnya terdapat peran Dunia Usaha dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). Serta keterlibatan pilar-pilar sosial di tengah masyarakat seperti : karang taruna, pekerja sosial masyarakat, dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

"Ini merupakan wujud negara itu hadir di tengah masyarakat ditengah pandemi covid19," jelas Edi Suharto.

Tugas penanganan covid 19 tidak hanya dipundak pemerintah, dikatakan Edi butuh peran serta masyarakat terutama kaum milenial.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved