Breaking News:

Berita Internasional

Inisialnya "D" PM Israel Pilih Kepala Dinas Rahasia Mossad yang Baru

Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel dilaporkan memilih direktur badan intelijen Mossad, dengan inisial " D".

Editor: Rhendi Umar
WIKIPEDIA
Logo badan intelijen Israel Mossad. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel dilaporkan memilih direktur badan intelijen Mossad, dengan inisial " D".

Sosok ini akan menggantikan ketua sebelumnya, Yosi Cohen, yang dianggap sebagai pemain sentral dalam normalisasi Tel Aviv dengan dunia Arab.

Berdasarkan rilis dari kantor perdana menteri, "D" yang sebelumnya merupakan wakil direktur adalah sosok veteran di Mossad.

Tel Aviv biasanya tidak mengumumkan pejabat tinggi yang menghuni lembaga telik sandi itu, kecuali jika mereka berstatus sebagai direktur.

Yosi Cohen sendiri, yang menjabat sejak Januari 2016, dianggap sebagai sosok yang lebih populer dibandingkan para pendahulunya.

Cohen ditunjuk pada 2015 dengan jabatan sebelumnya yang dia emban adalah penasihat keamanan nasional maupun Wakil Direktur Mossad.

Dia secara aktif bepergian ke dunia Arab, utamanya melakukan kunjunga kunci ke Uni Emirat Arab serta Bahrain, setelah menormalisasi hubungan dengan Tel Aviv.

Cohen juga dilaporkan menemani Netanyahu berkunjung ke Arab Saudi, dan menggelar pertemuan rahasia bersama Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang langsung dibantah.

Selain itu, organisasi yang dipimpinnya juga dituding bertanggung jawab atas pembunuhan ilmuwan nuklir top Iran, Mohsen Fakhrizadeh.

Dilansir AFP Selasa (15/12/2020), Teheran menuding negara Yahudi sudah membunuh Fakhrizadeh. Tudingan yang hingga saat ini tak mendapat respons.

Lebih lanjut, pengganti Cohen nantinya bakal diajukan ke komisi khusus yang bertanggung jawab untuk penunjukan pejabat publik tingkat atas.

Jerusalem Post melaporkan, jika komisi itu memberikan lampu hijau, maka "D" bakal menjadi kepala Mossad paling cepat Juni tahun depan.

BERITA TERKINI TRIBUNMANADO:

Baca juga: Manado Zona Merah Covid-19, Megamall Gelar Bazaar Outdoor | Mantos Larang Anak dan Ibu Hamil Masuk

Baca juga: Ramalan Zodiak Keuangan Rabu 16 Desember 2020, Aries Banyak Uang Tersedia, Taurus Perlu Berhati-hati

Baca juga: Pleno KPU Boltim Alot, Saksi Pasang Calon Saling Adu Argumen, Mulai dari Masalah Kabel Ties

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved