Breaking News:

Penanganan Covid

Terapkan Protokol Kesehatan, KPU Bolmut Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS

Tribun Manado / Mejer Lumantow
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS, bertempat di Lapangan Sogi, Kecamatan Bolangitang Barat, Rabu (2/12/2020) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS, bertempat di Lapangan Sogi, Kecamatan Bolangitang Barat, Rabu (2/12/2020). 

Dari pantauan Tribunmanado.co.id, dalam simulasi tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena yang juga ikut melaksanakan simulasi proses pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dengan menerapkan protokol kesehatan

Sejumlah perwakilan dari masyarakat dan petugas KPU juga ikut mengikuti simulasi tersebut sesuai aturan penerapan Protap covid-19 di TPS oleh KPU, seperti menggunakan masker, mencuci tangan ketika memasuki area TPS, dan menjaga jarak tempat duduk. 

Baca juga: Petugas KPPS Pakai Baju Perangkat Adat dan APD 

Baca juga: Sukses Digelar, UKW PWI Minahasa Agkatan XXVI Mendapat Apresiasi dari Pemkab Minahasa

Baca juga: Di ILC Budy Setyarso Bongkar Permainan Janggal Edhy Prabowo: Dibalik Meja Untungkan Teman Dekatnya

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Bolmut Junaidi Harundtja mengatakan untuk teknis saat penyelenggaraan pemilihan di setiap TPS dibatasi hingga 500 pemilih. 

"Jadi di dalam satu TPS itu dibatasi 500 pemilih, kurang boleh tetapi tidak boleh lebih, kalau pun lebih di bagi ke TPS lain," jelas Harundtja.

Lanjutnya, untuk teknis jam kedatangan ke TPS disesuaikan dan dibagi sesuai jumlah DPT. Hal ini untuk mengantisipasi berkerumunnya masyarakat di TPS. 

Baca juga: Gara-Gara Covid-19 Pemenang Bupati Cup Diundi

"Untuk adanya kerumunan di area TPS, itu akan berkoordinasi bersama Tim Satgas Covid-19 mengantisipasi adanya kerumunan masyarakat di area TPS," jelas Harundtja.

Dikatakannya, masyarakat juga tidak perlu khawatir untuk menyalurkan hak pilih mereka ke TPS, karena petugas KPPS sudah dirapid tes dan semua negatif dan menerapkan secara ketat protokol covid-19. 

"Protap dilakukan secara ketat, posisi tempat duduk diatur, setiap pemilih wajib menggunakan masker dan menjaga jarak, tidak bersalaman dan mencuci tangan sebelum memasuki area TPS. 

Baca juga: Manado-Kotamobagu Inflasi di November 2020, BI: Indikator Pemulihan Ekonomi Daerah

Setiap alat-alat yang digunakan dalam proses pemilihan di TPS secara berkala juga disemprot disinfektan," jelasnya. 

Selain itu dilarang kepada masyarakat menggunakan atribut partai saat mendatangi TPS. Misalnya menggunakan masker berlogo atau atribut kampanye dari salah satu Paslon. 

"Intinya KPU menjamin pelaksanaan proses pemilihan kepala daerah berjalan dengan baik dan sesuai aturan, termasuk aman dari Covid-19, karena penerapan disiplin protokol secara ketat," tutup Ketua KPU Bolmut. (Mjr)

Baca juga: Kemenangan Perdana Inter Milan di Liga Champions, Kami Hidup, Conte Optimistis Peluang Lolos

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Penulis: Majer Lumantow
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved