Breaking News:

Sejarah

1 Desember 1956 Bung Hatta Undur Diri Sebagai Wakil Presiden RI, Kursi Wapres Kosong Hingga 1973

Adapun Alasan Hatta mengundurkan diri karena dia tidak ingin memasukkan unsur komunis dalam kabinet pada waktu itu.

Editor: Rizali Posumah
BZLINK.US
Bung Hatta. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Meski bersama dengan Bung Karno dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, bukan berarti Bung Hatta tidak terlibat perbedaan pendapat dengan Bung Karno

Selama keduanya memimpin Republik Indonesia, ada beberapa hal yang kerap membuat kedua Bapak Proklamator ini bersilang pendapat. 

Ujungnya pada akhir tahun 1956, tepatnya tanggal 1 Desember, Bung Hatta mengundurkan diri dari jabatan Wakil Presiden. 

Bung Karno dan Bung Hatta membacakan teks proklamasi.
Bung Karno dan Bung Hatta membacakan teks proklamasi. ((intisari))

Walhasil, Republik Indonesia mengalami kekosongan Kursi Wapres. Dari masa Orde Lama Soekarno hingga tahun 1973 di masa Orde Baru Presiden Soeharto.

Wakil Presiden kembali muncul pada tanggal 24 Maret 1973, waktu itu dijabat oleh Wapres Hamengkubuwana IX

Adapun Alasan Hatta mengundurkan diri karena dia tidak ingin memasukkan unsur komunis dalam kabinet pada waktu itu.

Sebenarnya pernyataan untuk mengundurkan diri dari kursi Wakil Presiden sudah terlontar dari mulut Hatta sejak tahun 1955.

Di tahun 1955 itu, Mohammad Hatta menyatakan bahwa bila parlemen dan konstituante pilihan rakyat sudah terbentuk, dia akan mengundurkan diri sebagai wakil presiden.

Alasannya, dalam negara yang mempunyai kabinet parlementer, Kepala Negara adalah sekadar simbol saja, sehingga Wakil Presiden tidak diperlukan lagi.

Dikutip dari wikipedia, tanggal 20 Juli 1956, Mohammad Hatta menulis sepucuk surat kepada Ketua DPR pada saat itu, Sartono yang isinya antara lain, "Merdeka, Bersama ini saya beritahukan dengan hormat, bahwa sekarang, setelah Dewan Perwakilan Rakyat yang dipilih rakyat mulai bekerja, dan Konstituante menurut pilihan rakyat sudah tersusun, sudah tiba waktunya bagi saya untuk mengundurkan diri sebagai wakil presiden. Segera, setelah Konstituante dilantik, saya akan meletakkan jabatan itu secara resmi."

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved