Breaking News:

Tips

Api Menjadi Merah Tandanya Kompor Gas Bermasalah, Ini Penyebab & Cara Membuatnya Jadi Biru

Apabila kompor gas dirumahmu mengeluarkan api merah, berarti ada suatu hal yang bermasalah sehingga berdampak pada proses memasak.

(SHUTTERSTOCK/VOVA SHEVCHUK)
Ilustrasi kompor gas. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bisa berdampak pada proses memasak jika api yang dikeluarkan kompor gas berwarna merah. 

Inilah penyebab api menjadi merah dan cara membuatnya menjadi biru

Simak juga perbedaan api merah dan biru pada kompor gas. 

Ilustrasi kompor gas.

Memasak menggunakan kompor gas adalah cara yang lebih praktis yang dapat memberikan perpindahan panas efisien dengan kontrol panas yang tepat, tidak seperti kompor minyak ataupun kayu bakar.

Pada umumnya, api yang dikeluarkan dari kompor gas adalah berwarna biru dengan sesekali percikan api merah. Api warna biru pun diklaim sebagai pengapian terbaik dengan suhu tertinggi.

Ilustrasi
Ilustrasi (SHUTTERSTOCK)

Namun, apabila kompor gas dirumahmu mengeluarkan api merah, berarti ada suatu hal yang bermasalah sehingga berdampak pada proses memasak.

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat, (27/11/2020), api warna merah adalah jenis api yang suhu panasnya paling rendah jika dibandingkan dengan api biru, kuning, dan jingga. Suhunya bisa di bawah 1.000 derajat celcius.

Meskipun dikategorikan jenis api dengan suhu terendah, api merah tetap bisa membakar apapun, namun pembakarannya akan kurang sempurna.

Kompor gas mengeluarkan api merah adalah bisa jadi pertanda kalau kadar hidro karbon dari dalam tabung gas yang tinggi yang bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti corong api atau burner yang kotor akibat endapan kerak.

Sisa makanan dan percikan minyak yang menetes dari proses memasak makanan bisa menjadi penyebab kompor gas kotor hingga berkerak.

Halaman
12
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved