Breaking News:

Dinas Pendidikan Bolmut

Gandeng Tokoh Masyarakat-Budayawan, Dikbud Bolmut Gelar Kegiatan FGD Pelestarian Budaya Lokal

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Bidang Kebudayaan, menggelar Focus Group Discussion

Tribun Manado / Mejer Lumantow
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Bidang Kebudayaan, menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen, Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD), bertempat di Ruang Pertemuan Laviesta, Kamis (26/11/2020).  

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Bidang Kebudayaan, menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen, Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD), bertempat di Ruang Pertemuan Laviesta, Kamis (26/11/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Bolmut Sulha Mokodompis kepada Tribun Manado mengatakan kegiatan ini bertujuan melestarikan dan memajukan budaya lokal di daerah khususnya Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. 

"Jadi dokumen Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) merupakan dokumen yang memuat tentang identifikasi keadaan terkini perkembangan objek pemajuan kebudayaan daerah, sumber daya manusia,

pranata dan potensi masalah pemajuan kebudayaan dan analisis serta rekomendasi implementasi pemajuan kebudayaan daerah, seperti tertuang dalam Permendikbud Nomor 45 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Dokumen PPKD," papar Mokodompis.

Baca juga: JG-KWL Siapkan Berbagai Strategi Matang Majukan Sektor Perekonomian di Minut

Baca juga: Tambang Ilegal di Kebun Raya Megawati Soekarnoputri Makan Korban Lagi, Begini Sejarahnya

Baca juga: Panwascam Harus Berani Bubarkan Kampanye Tidak Sesuai Surat Tanda Terima Pemberitahuan

Kadis Pendidikan juga menyampaikan FGD ini digelar sebagai landasan utama di dalam mengumpulkan pokok-pokok pikiran kebudayaan dari tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, serta pelaku dan pemerhati Budaya di Kabupaten Bolmut yang nantinya akan disusun pada Dokumen PPKD.

“FGD Penyusunan Dokumen Pokok Pemikiran Kebudayaan Daerah ini di gelar, merupakan upaya Dikbud dalam hal ini Bidang Kebudayaan, untuk melengkapi Dokumen Pemikiran Kebudayaan Daerah Bolmut, yang sebelumnya tahun 2018 lalu sudah lebih dlu di laksanakan.

Maka dari itu saya berharap bagi para peserta untuk menuangkan segala pokok pikirannya pada kegiatan nanti,” jelasnya.

Baca juga: Tetty Paruntu Janji Perbaiki Jalan Desa Koha Raya

Ditambahkannya, bahwa Bolmut merupakan Kabupaten yang pertama se-Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memasukan Dokumen Pemikiran Kebudayaan Daerah.

Tentunya ini adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi kita masyarakat Bolmut

"Selain itu, Bolmut juga merupakan rujukan dari kabupaten lain di Provinsi Sulawesi Utara, untuk dijadikan Studi Komparasi tentang penyusunan PPKD,” ungkap Mokodompis.

Baca juga: Steven Kandouw Rayu Yasti-Tatong Gabung PDI Perjuangan

Halaman
12
Penulis: Majer Lumantow
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved