Breaking News:

Sejarah

22 November 1963, Presiden Amerika John F Kennedy Tewas Ditembak, Kematiannya Penuh Teori Konspirasi

John F Kennedy dibunuh saat melakukan perjalanan melalui Dallas, Texas, dengan sebuah mobil terbuka.

AFP/GETTY IMAGES
John F Kennedy bersama istrinya, Jacqueline Bouvier Kennedy. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hari ini tanggal 22 November di tahun 1963, Presiden ke-35 Amerika Serikat John Fitzgerald Kennedy tewas ditembak.

John F Kennedy dibunuh saat melakukan perjalanan melalui Dallas, Texas, dengan sebuah mobil terbuka.

Cerita berawal saat ada acara politik di Dallas. Kala itu Presiden John F Kennedy ditemani ibu negara, Jacqueline Kennedy, yang berada tepat disampingnya bersama dengan Gubernur Texas John Connally dan istrinya.

Iring-iringan mobil itu berjalan sejauh 10 mil atau 16 kilometer, yang melalui jalan-jalan di pusat kota Dallas pada 22 November 1963 silam.

Pada saat itu, keluaga Kennedy dan Connally melambai pada kerumunan besar dan antusias yang berkumpul di sepanjang rute parade.

Saat kendaraan mereka melewati Gedung Penyimpanan Buku Sekolah Texas pada pukul 12:30 waktu setempat, pembunuhan itu terjadi.

Lee Harvey Oswald melepaskan 3 tembakan dari lantai 6 gedung, melukai Presiden Kennedy secara fatal dan melukai Gubernur Connally secara serius, seperti yang dilansir dari History.

Presiden John F Kennedy bersama istrinya Jacqueline, Gubernur Texas John Connally dan istrinya Nellie Connally berkendara bersama di dalam Limousine kepresidenan di Dallas pada 23 November 1963, hari tertembaknya Kennedy.
Presiden John F Kennedy bersama istrinya Jacqueline, Gubernur Texas John Connally dan istrinya Nellie Connally berkendara bersama di dalam Limousine kepresidenan di Dallas pada 23 November 1963, hari tertembaknya Kennedy. (Daily Mail)

Kennedy dinyatakan meninggal 30 menit kemudian di Rumah Sakit Parkland Dallas.

Dia meninggal pada usia 46 tahun, di masa 2 tahun jabatannya sebagai presiden berkuasa AS.

Oswald, seorang mantan Marinir AS yang telah memeluk Marxisme dan membelot beberapa kali ke Uni Soviet tidak pernah diadili atas pembunuhan itu, karena saat dipindahkan setelah ditahan, dia ditembak mati oleh Jack Ruby, pemilik klub malam Dallas yang kecewa.

Halaman
1234
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved