Breaking News:

WhatsApp

Setiap Bulan 2 Juta Akun WhatsApp Penyebar Hoaks Diblokir

Akun WhatsApp diblokir gara-gara dianggap mencurigakan dan terindikasi menyebarkan hoaks.

Editor: Aldi Ponge
express.co.uk
WhatsApp. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - 2 juta akun WhatsApp diblokir setiap bulannya.

Akun WhatsApp diblokir gara-gara dianggap mencurigakan dan terindikasi menyebarkan hoaks.

WhatsApp APAC Communications Director Sravanthi Dev menyebutkan, pihaknya setiap bulan melakukan pemblokiran terhadap 2 juta akun WhatsApp yang dianggap memiliki aktivitas mencurigakan.

"Akun yang dilakukan pemblokiran ini, diantaranya dengan kategori selalu mengirim pesan secara tidak wajar dan terdeteksi bahwa pesan tersebut adalah hoaks," ucap Sravanthi dalam konferensi pers virtual, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Perubahan Sule yang Dirasakan Putri Delina Setelah Menikah: Ayah Lebih Keurus dan Jadi Lebih Muda

Dalam melakukan pemblokiran ini, lanjur Sravanthi, WhatsApp menggunakan machine learning dan laporan dari pengguna lain agar dapat mendeteksi akun penyebar hoaks tersebut.

Meski begitu, Sravanthi tidak menyebutkan secara spesifik berapa jumlah akun yang diblokir oleh WhatsApp di Indonesia maupun di Asia Tenggara.

WhatsApp juga melakukan sejumlah upaya untuk menghentikan penyebaran hoaks di masyarakat, salah satunya dengan melakukan screening terhadap sebuah akun yang dianggap mencurigakan.

"Machine learning akan memantau aktivitas akun tersebut, dan nantinya akan disimpulkan apakah akun tersebut melakukan penyebaran hoaks atau informasi yang tidak seharusnya disebarkan," kata Sravanthi.

Selain itu untuk mengatasi misinformasi yang disebar lewat WhatsApp, Sravanthi mengungkapkan, WhatsApp sejak tahun lalu sudah membatasi fungsi forward pesan yang hanya bisa dilakukan maksimal kepada lima pengguna.

"Dengan cara ini jumlah pesan yang diteruskan mampu berkurang hingga 25 persen, dan pengguna juga dapat mengetahui pesan mana yang lebih sering diteruskan lewat tanda panah yang ada di pesan tersebut," ucap Sravanthi.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved