Breaking News:

RHK Selasa 17 November 2020

RHK - Teladan Kristus

Sumber pengajaran Rasul Paulus tentang kewajiban orang kuat menanggung orang lemah dan menyenangkan sesama demi kebaikan

Editor: Aswin_Lumintang
The Hufffingron Post
Holly Bible (Alkitab) 

Roma 15:3-4

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sumber pengajaran Rasul Paulus tentang kewajiban orang kuat menanggung orang lemah dan menyenangkan sesama demi kebaikannya, adalah Kasih Kristus.

Alkitab
Alkitab (Netralnews.com)

Kasih adalah pengajaran Kristus. Kristus bukan hanya mengajar tentang kasih, tapi Dia telah memberi contoh dan teladan. Yah, Kristus adalah role model tentang kasih, termasuk dalam hal menanggung penderitaan sesama dan menyenangkan hati orang lain.

Dia tidak mencari kesenangan untuk diri-Nya sendiri. Dia telah menanggung cercaan, hinaan, siksaan, sampai menderita sengsara mati di atas kayu salib demi seluruh umat manusia.

Demikian firman Tuhan hari ini.
Karena Kristus juga tidak mencari kesenangan-Nya sendiri, tetapi seperti ada tertulis: "Kata-kata cercaan mereka, yang mencerca Engkau, telah mengenai aku." (ay 3)

Penderitaan-Nya sempurna. Tidak ada penderitaan seperti yang dialami oleh Tuhan Yesus. Tidak ada tanggungan seberat tanggunan yang dipikul Yesus, demi orang lain.

Tidak ada pengorbanan jiwa, raga, fisik tubuh seberat dan sesiksa Yesus, untuk menyenangkan dan menyelamatkan orang lain. Menyelamatkan semua umat manusia, termasuk kita yang hidup di zaman now, dalam segala keberadaan kehidupan kita.

Itulah Yesus, Tuhan kita. Jadi, kalau Yesus mengajarkan, itu bukan sekedar ucapan dan pengajaran biasa. Tapi Dia mengajarkan dalam keteladanan. Dia terlebih dahulu memberi contoh dan teladan bagi kita.

Sahabat Kristus, kita telah menerima kasih karunia Kristus. Dia telah menanggung segala beban penderitaan kita. Demi kesenangan dan keselamatan kita, Dia rela mati bagi kita. Karena itu, ikutilah teladan Kristus. Ikutlah menanggung dan menyenangkan orang lain demi kebaikan sesama kita.

Kita memang menderita. Tapi kita tidak hidup untuk menderita. Tapi, melalui penderitaan, cercaan dan hinaan itu, kita akan hidup. Ketika kita menanggung sesama, maka Kristuslah yang menanggung segala beban hidup kita. Sebab Dialah Sumber kekuatan hidup kita selamanya.

Karena itu, teguhlah di dalam Tuhan. Lakukanlah segala firman-Nya tanpa ragu, takut dan gentar. Ikutilah jalan-Nya, maka kita akan selamat sejahtera, damai dan sukacita.

Jadikanlah segala pengajaran firman Allah sebagai arah langkah hidup kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci (ay 4).

Keluarga Kristen hendaklah mengikuti teladan Kristus, seperti yang dipertegas oleh Rasul Paulus dalam pengajarannya. Sebab jika kita terus hidup sesuai kehendak Kristus, maka kita akan menuai kemenangan dan keselamatan kekal bersama-Nya, baik di bumi maupun di sorga, selamanya. Amin

Doa: Tuhan Yesus, jadikan kami sebagai surat Kristus yang terbuka kepada semua orang, agar kami menjadi teladan bagi sesama dan nama Tuhan dimuliakan dari hidup kami. Amin

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved