Breaking News:

Sharing

Sharing - Penghakiman Terakhir

Semua manusia , siapapun dia, suatu saat pasti akan mati. Alkitab berkata bahwa sesudah mati manusia akan menghadapi

Istimewa
Renungan Harian Kristen 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Semua manusia , siapapun dia, suatu saat pasti akan mati. Alkitab berkata bahwa sesudah mati manusia akan menghadapi pengadilan Tuhan. Secara umum pengadilan ini dibagi dalam dua tahap, yaitu:

Renungan
Renungan (WWW.THOUGHTCO.COM)

a. Pengadilan pertama
Pengadilan ini adalah untuk orang percaya dan dilakukan dihadapan tahta pengadilan Kristus (Wahyu 20:4-6).

b. Pengadilan kedua
Pengadilan ini adalah untuk orang yang tidak percaya dan dilakukan di hadapan tahta putih yang besar (Wahyu 20:11-15).

Pengadilan atas orang percaya di atas bukan untuk menentukan keselamatan mereka, melainkan untuk menentukan besarnya upah (pahala) yang akan mereka terima atas perbuatan iman mereka selama hidup di dunia ini. Oleh karena dosa-dosa mereka telah dihapuskan oleh pengorbanan Yesus Kristus di atas kayu salib, ketika mereka sungguh-sungguh menerima Yesus sebagai Tuhan (Raja), maka mereka sudah pasti memperoleh keselamatan.

1. Berapa kalikah manusia ditetapkan untuk mati dan sesudah itu apa yang akan ia alami?
(Ibrani 9:27) Mati satu kali dan sesudah itu dihakimi.

2. Sebab kita semua harus menghadap tahta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat. (II Korintus 5:10).

3. Siapakah yang harus menghadap tahta pengadilan Allah? (Roma14:10) Kita semua.
Pada waktu itu bisakah kita meminta orang lain untuk mempertanggungjawabkan diri kita pada Allah? (Roma 14:12) Tidak bisa.
Pengadilan yang kedua diperuntukan bagi orang yang tidak percaya. Dalam pengadilan ini orang-orang ini akan menerima ketetapan hukuman kekal atas dosa-dosa mereka.
Kedua pengadilan tersebut dipisahkan oleh masa seribu tahun. Sebab pengadilan yang pertama terjadi pada saat kebangkitan yang pertama, sedangkan pengadilan yang kedua terjadi pada saat kebangkitan yang kedua.

4. Siapakah yang akan berdiri di depan tahta putih besar untuk dihakimi oleh Dia yang duduk di atasnya? (Wahyu 20:11,12) orang-orang mati, besar dan kecil.
Apakah yang akan terjadi atas setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis dalam kitab kehidupan? (Wahyu 20:15) Dilemparkan ke dalam lautan api.
Pada kebangkitan kedua semua orang tidak percaya yang sudah mati dibangkitkan. Kemudian dengan mengenakan tubuh kebinasaan bersama-sama dengan orang tidak percaya yang masih hidup pada kedatangan Tuhan itu mereka akan menghadapi pengadilan yang kedua untuk menerima hukuman kekal.

RENUNGAN/PENERAPAN :

1. Menurut Anda, apakah manusia yang hidup di daerah terpencil juga akan dimasukkan ke dalam hukuman kekal, padahal mereka mungkin tidak pernah mendengar Injil satu kalipun dalam hidupnya?
[ ] Ya
[ ] Tidak
Dalam pengadilan yang kedua semua orang diluar Yesus Kristus akan dihakimi berdasarkan nurani mereka (Roma 2:12-16). Di pengadilan itu akan dibuktikan bahwa sesungguhnya mereka juga manusia berdosa yang patut menerima hukuman dari Tuhan.

2. Apakah Anda mengenal orang yang tidak percaya bahwa Yesus adalah Tuhan, namun percaya bahwa Dia akan datang kembali pada akhir zaman untuk menjadi hakim atas orang yang hidup maupun yang mati, atau sebagai “imam mahdi”?
[ ] Ya
[ ] Tidak
Bila Anda mengenal orang tersebut, doakanlah dia , agar ia sungguh-sungguh mengenal siapakah Yesus Kristus sebenarnya.

3. Apakah Anda masih suka berdoa untuk keselamatan dari orang yang telah meninggal dunia?
[ ] Ya
[ ] Tidak
Sebenarnya berdoa untuk keselamatan dari orang yang sudah mati tidak ada gunanya sama sekali. Sebab keselamatan setiap orang ditentukan oleh imannya selama ia masih hidup.

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved