Breaking News:

Batik Bolmut

Disdik Bolmut Gelar Sayembara Batik Khas Bolmut, Ini Hadiahnya

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar kegiatan Sayembara Desain Motif Batik khas Bolmut

Tribun Manado / Mejer Lumantow
Sekretariat pendaftaran peserta Sayembara, Kantor Disdik Bolmut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar kegiatan Sayembara Desain Motif Batik khas Bolmut.

Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Bolmut Sulha Mokodompis melalui Kepala Seksi Keragaman Budaya dan Sejarah Fatmawati kegiatan Sayembara ini bertujuan untuk melestarikan motif batik khas Bolaang Mongondow Utara.

"Ya, jadi kita laksanakan kegiatan Sayembara ini dengan tema Cipta Kreasi Warisan Budaya Nasional Batik Dalam Konteks Budaya Bolaang Mongondow Utara," ungkap Fatmawati kepada Tribun Manado, Kamis (12/11/2020).

Dikatakannya, untuk peserta dalam kegiatan Sayembara ini adalah warga Bolmut, teknisnya satu peserta dapat mengirimkan 2 (dua) desain karya.

Baca juga: PAW Berproses, JonRu Segera Isi Posisi Wakil Ketua DPRD Tomohon, Wongkar Gantikan Caroll

Baca juga: Helikopter Milik Polda Sulut Dikerumuni Warga Untuk Foto-foto di Lapangan Sinindian

Baca juga: Pjs Bupati Minut Clay Dondokambey Canangkan Kampung Pinilih Jadi Desa Tangguh

"Tentu dengan syarat harus Asli Cipta kreasi sendiri dan belum pernah dipublikasikan atau digunakan sebelumnya, motif mewakili secara etnik dua daerah adat eks swapraja Kaidipang dan Bintauna," jelas Fatmawati.

Untuk Kriteria penilaian, kata dia, setiap desain harus memiliki judul yang sesuai dengan motif kemudian desain motif mengandung Makna simbolis dan filosofis.

"Desain mencerminkan potensi sumber daya alam yang ada di Bolmut," sebutnya

Lanjutnya, hasil sayembara akan menghasilkan 6 (enam) finalis yang nantinya enam finalis ini akan ditampilkan dan dipresentasikan dihadapan juri dan juri kehormatan.

Baca juga: Dinobatkan Sebagai Bupati Tercantik, Christiany Eugenia Paruntu Rutin Bangun Pagi untuk Berdoa

Bagi peserta yang lolos ke finalis 6 (enam) besar, karya (manual dan digital) disalin dan dikonversi ke file JPG, PDF dan PSD untuk selanjutnya dipresentasekan di hadapan juri pada acara puncak penilaian. 

"Nanti Karya Desain akan diseleksi oleh Juri menjadi 6 (enam) besar finalis. Untuk Jadwal Sayembara sementara dimulai dan tahap pengumpulan karya, dan nanti pengumuman 6 (enam) besar finalis tanggal 25 November 2020," ungkapnya.

Ditambahkannya, puncak acara yaitu presentase karya dari 6 besar finalis tanggal 30 November 2020. Peserta pemenang akan diberikan hadiah sebagai berikut, Juara I uang Rp. 5.000.000, Juara II, uang Rp 3.500.000, Juara III uang Rp 2. 000.000," ungkap Fatmawati.

"Ada juga Juara harapan I, Juara harapan II, dan Juara harapan III. Untuk finalis yang keluar sebagai juara I, II dan III, karya akan ditetapkan secara resmi menjadi batik Bolmut," pungkasnya. (Mjr).

Baca juga: Pdt Jerry Poli: Ibu Tetty Paruntu Rutin Berdoa, Pujian dan Penyembahan

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Penulis: Majer Lumantow
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved