Berita di Boltim

Christiano Talumepa Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Boltim Christiano Talumepa bertindak sebagai inspektur upacara

Penulis: Siti Nurjanah | Editor: Aldi Ponge
KOLASE TRIBUNMANADO
Penjabat sementara (Pjs) Bupati Boltim Christiano Talumepa bertindak sebagai inspektur upacara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan, di Lapangan Kantor Bupati Boltim, Tutuyan , (10/11/2020).

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Boltim Christiano Talumepa bertindak sebagai inspektur upacara dan sebagai komandan upacara Danramil Kotabunan Pelda Ucok M Lubis.

Pjs Bupati Boltim Christiano Talumepa membacakan amanat Menteri Sosial mengatakan, Hari Pahlawan tidak saja diperingati setiap 10 November.

Namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan dari Pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Olly Dondokambey Komitmen Perjuangkan Raja Santiago, Tokoh Nusa Utara Jadi Pahlawan Nasional

Baca juga: Janda Cantik Tewas Dibunuh Depan Kamar Rusun, Dilihat Langsung Anaknya: Om Yanto yang Bunuh Mama

"Perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua sebagaimana tema Hari Pahlawan tahun 2020 yaitu,

"Pahlawanku Sepanjang Masa". Apa yang telah dilakukan para Pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka.

Kalau dulu kita berjuang mengangkat senjata. Maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti, kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia," kata Talumepa.

Ia menambahkan, meskipun dalam masa pandemi Covid-19, peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna.

Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Nilai-nilai kepahlawanan seperti, percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa,rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat terus tumbuh bersemi didalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia," terang Kadis Kominfo Sulut.

Semangat kepahlawanan yang terus menyala, menurut Talumepa, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri negeri ini.

"Yakinlah apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut maka kita akan dapat menyelesaikan masalah bangsa.

Mari tunjukan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama," terang Talumepa.

Ia pun mengimbau seluruh masyarakat untuk terus berpartisipasi sebagai bentuk penghargaan atas jasa para Pahlawan.

"Sebagaimana ungkapan salah seorang the  founding fathers Sukarno yakni,hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.

Kita lanjutkan perjuangan para Pahlawan. Kita vuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain," tutup Talumepa,                                    

Upacara hari pahlawan ini di hadiri juga oleh Kapolres Bolti, Perwira Penghubung Kodim 1303 Bolmong, Kementrian Agama Boltim, Sekda, Para Asisiten dan Kepala SKPD. (ana)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved