Breaking News:

RHK Senin 9 November 2020

RENUNGAN HARIAN KELUARGA - Manusia adalah Gambar Allah

"Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan. Tetapi mengenai darah kamu,

Istimewa
Renungan Harian Kristen 

Kejadian 9:4-6
"Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan.
Tetapi mengenai darah kamu, yakni nyawa kamu, Aku akan menuntut balasnya; dari segala binatang Aku akan menuntutnya, dan dari setiap manusia Aku akan menuntut nyawa sesama manusia.
Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri."
----------------------------------------

Ilustrasi.
Ilustrasi. (SHUTTERSTOCK)

TRIBUNMANADO.CO.ID - “Image of God” (Citra Allah) atau gambar Allah ada pada setiap manusia sejak manusia diciptakan oleh Allah. Secara turun-temurun manusia memiliki gambar Allah. Sebagai ciptaan yang segambar dengan Allah, Ia menghendaki Citra Ilahi diwujudkan dalam segala kerja dan aktifitas manusia.

Demikian juga dalam relasi dengan sesama manusia dan ciptaan lainnya. Kesadaran untuk menghormati Allah yang adalah Tuhan dari segala kehidupan haruslah mendasari setiap upaya manusia memenuhi kebutuhan hidup. Manusia tidak boleh terjebak pada tindakan kesewenang-wenangan pada segala binatang, apalagi kepada sesama manusia. Meskipun segala binatang di bumi ini telah diserahkan pada manusia untuk digunakan atau pun dimakan tetapi Allah menghendaki agar kita tidak memakan daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya. Dalam pemikiran Ibrani darah adalah pusat kehidupan, bahkan diidentikkan dengan kehidupan itu sendiri.

Demikian juga halnya dengan darah/nyawa manusia yang tidak boleh ditumpahkan (dibunuh) oleh sesama manusia. Allah akan menuntut balasnya dari binatang dan menuntut nyawa manusia yang menumpahkan darah/nyawa manusia. Dengan kata lain yang menjadi pesan Firman Allah bahwa manusia adalah gambar/citra Allah sehingga tidak boleh dibunuh tapi juga tidak boleh membunuh dan mengeksploitasi binatang.

Baca juga: Olly Dondokambey-Steven Kandouw Anggap Nusa Utara Serambi Depan Sulut, Target Menang 75 Persen

Baca juga: Djoko Tjandra Menangis Saat Ceritakan Kasusnya, Ingin Kasus yang Menjeratnya 20 tahun Bisa Rampung

Baca juga: Debat Pertama di Pilkada Manado, Andrei-Richard Optimis Kuasai Arena, Modal Pengalaman Wakil Rakyat 

Kita adalah keluarga yang mencerminkan gambar Allah untuk kesejahteraan dan keselamatan yang dikerjakan-Nya bagi seluruh ciptaan. Pikiran dan perkataan serta perbuatan hendaklah menyaksikan dan menyatakan bahwa semua ciptaan Allah termasuk hidup kita adalah milik Allah. Kita diberi hak untuk menggunakan hidup ini dan seluruh ciptaan sesuai kehendak Sang Pemilik. Dengan demikian gambar/citra Allah tidak pudar dalam diri kita, karena kita adalah ciptaan Allah yang taat pada Allah pencipta. Amin.

DOA: Terpujilah Engkau ya Bapa atas anugerah-Mu yang menjadikan kami segambar dengan-Mu. Berilah kami hikmat-Mu yang dapat memampukan kami sekeluarga bekerja dihari ini dan mewujudkan keselamatan-Mu pada sesama kami manusia dan semua ciptaan-Mu. Amin

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved