Pilkada 2020

Bawaslu Minta KPU Putar Ulang Debat Calon Wali Kota Bitung

Buruknya penayangan pelaksanaan debat publik antara calon Wali kota Bitung, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Minggu malam mendapat sorotan

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: David_Kusuma
Tribun manado / Christian Wayongkere
Josep Sammy Rumambi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG – Buruknya penayangan pelaksanaan debat publik antara calon Wali kota Bitung, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Minggu malam mendapat sorotan dan Bawaslu.

Debat semalam antar calon Wali kota Bitung nomor urut 1 Maximiliaan Jonas Lomban, nomor urut 2 Victorine Lengkong dan nomor urut 3 Maurits Mantiti diselenggarakan KPU di FaveHotel Bitung dan di siarkan lewat TV lokal dan radio nasional.

Sayangnya banyak pemerisa tidak menangkap tayangan di TV dengan baik, sehingga melontarkan protes dan kekecewaan di kolom percakapan chat live TV itu.

Menurut Josep Sammy Rumambi Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Bitung bilang, overall pelaksanaannya baik, hanya saja yang nonteknis terkait jaringan.

Baca juga: Dana Lansia Dicairkan, Betsi Pakasi dan Suami Ucapkan Terima Kasih ke Wali Kota Manado

Baca juga: BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Sulut Membaik Seiring Berkurangnya Angka Kasus Covid-19

Baca juga: Baju yang Dipakai Perempuan di Video Syur Mirip Gisel Dijual di Situs Belanja Online,Segini Harganya

“Kami sudah menyampaikan koreksi ke KPU atas banyaknya komplain di debat pertama ini, agar dikoreksi pada pelaksanaan debat calon wakil. Karena semalam di segmen 1 dan 2 kendala jaringan, banyak komplain yang kami terima seperti jaringan putus-putus dan tidak bisa mendengar suaranya dengan jelas,” jelas Sammy Senin (9/11/2020).

Pihak Bawaslu sudah menyampaikan secara lisan ke KPU dan meminta copy atau salinan dalam debat calon. Untuk diputar dan sampai-sampai, karena persoalan jaringan semalam banyak pesan visi, misi dan program yang disampaikan 3 calon wali kota tidak begitu diterima dengan baik oleh para pemirsa.

“Kami akan meminta KPU untuk kembali memutar dan menyampaikan kembali tayangan debat semalam dalam waktu seminggu ini agar masyarakat bisa lihat dengar dan tau,” tambahnya.

Hari ini pihak akan menyurat secara resmi ke KPU perihal permintaah tersebut, untuk segera dilakukan oleh KPU.(crz)

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved