Breaking News:

Kasus Pengancaman

Ada Bukti Video, Wartawan Diancam Saat Meliput, PWI Minsel Lapor ke Polisi

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) akan melapor ke Polres Minsel terkait dugaan pengancaman

Istimewa
Tamura Watung Sekretaris PWI Minsel 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) akan melapor ke Polres Minsel terkait dugaan pengancaman yang dilakukan oleh oknum direktur utama (Dirut) perusahaan daerah terhadap salah satu wartawan.

Tamura Watung Sekretaris PWI Minsel, Senin (9/11/2020) kepada www.tribunmanado.co.id mengatakan, kasus pengancaman  terjadi pekan lalu saat wartawan tersebut sedang meliput di lapangan.

"Aksi menghalangi tugas wartawan bermula ketika sejumlah awak media sedang mewawancarai Pjs Bupati Minsel Mecky Onibala usai meresmikan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT)  UMKM yang terletak di samping Hotel Sutanraja Amurang,  Kelurahan Pondang. Kami punya bukti videonya," kata dia.

Baca juga: Pesantren Darul Quran Ayyastiyah Mulai Dibangun di Kotamobagu

Baca juga: Jumlah Penerima Subsidi Gaji Akan Dikurangi, Berikut Alasan Menurut Kemenaker

Baca juga: Temui Pendukung di Kecamatan Tenga, Michaela Paruntu Minta utuk Selalu Tebar Kebaikan

Menurut dia kebebasan pers itu dijamin oleh undang-undang nomor 40 tahun 1999. Tak hanya mengancam, wartawan itu juga dikatai dengan kalimat rasis.

"Kita sudah bawa aduan resminya.  Dan diterima langsung pak Kapolres.  Dalam kesempatan itu Pak Kapolres berjanji menjasi perhatian dan segera memproses," ujarnya

PWI Minsel berharap kasus ini secepatnya mendapat penanganan.  Karena tidak boleh lagi ada intimidasi, ancaman dan rasisme terhadap pekerja pers.

Diketahui Berdasarkan UU Pers nomor 40 tahun 1999  Pasal 18 (1) Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah). 

Baca juga: Transaksi Digital Bank SulutGo Capai 90,5 Persen, Pembayaran via BSGdebit Tumbuh 375 Persen

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved