Breaking News:

Tokoh

Sosok Presiden Soekarno, Dagestan, Makam Imam Bukhari dan Khabib Nurmagomedov

Nama Dagestan kembali tenar berkat petarung MMA Khabib Nurmagomedov. Khabib dikenal dunia seabagai petarung terbaik UFC.

Editor: Rizali Posumah
Istimewa
Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Republik Dagestan merupakan nama republik dalam Federasi Rusia dan merupakan republik terbesar di Rusia.

Nama Dagestan kembali tenar berkat petarung MMA Khabib Nurmagomedov. Khabib dikenal dunia seabagai petarung terbaik UFC.

Namun tahukah Anda jauh sebelum nama Khabib dikenal luas, Presiden Soekarno lebih dulu terkenal di publik Dagestan.

Sosok presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno begitu dikenal dan melekat di hati masyarakat tanah kelahiran Khabib Nurmagomedov, Dagestan, Rusia.

Khabib Nurmagomedov, ketika bertemu dengan para penggemarnya di Krasnodar, Rusia, 12 Desember 2019.
Khabib Nurmagomedov, ketika bertemu dengan para penggemarnya di Krasnodar, Rusia, 12 Desember 2019. (SPUTNIK VIA AFP/SPUTNIK/VITALY TIMKIV)

Wilayah Dagestan di Rusia terletak di utara Kaukasus dan merupakan salah satu negara federal dalam kekuasaan Rusia secara geografis.

Pada abad ke-19, Dagestan dan Ceko bergabung dengan Turki dalam melawan kekaisaran Rusia hingga revolusi Bolshevik.

Setelah revolusi tersebut, Kekhalifahan Usmani di Turki memerdekakan Azerbaijan dan Dagestan, yang kemudian membentuk republik bersama.

Bernama Republik Pegunungan Kaukasus Utara, meski demikian tiga tahun berselang republik ini kalah dari kaum Bolshevk yang dipimpin Vladimir Lenin.

Tepat pada 20 Januari 1921, barulah wilayah ini menjadi bagian dari Uni Soviet dengan nama Republik Dagestan.

Siapa sangka masyarakat Dagestan sangat mengenal akan sosok Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno dan sangat terkenang di hati mereka.

Halaman
123
Sumber: BolaStylo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved