Breaking News:

Berita Bolmut

Lantik 21 Penjabat Sangadi di 23 Desa, Ini Pesan Bupati Depri Pontoh

Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh melantik 21 penjabat Sangadi di 23 Desa

IST
Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh melantik 21 penjabat Sangadi di 23 Desa saat memimpin Apel ASN dihalaman Kantor Bupati Bolmut, Senin (2/11/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh melantik 21 penjabat Sangadi di 23 Desa saat memimpin Apel ASN dihalaman Kantor Bupati Bolmut, Senin (2/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Depri juga melantik 6 Pejabat Fungsional Auditor sekaligus penyerahan SK Bupati Bolmut Tentang Pengesahan dan Pengangkatan Penjabat Sangadi Pada 23 Desa yang masa jabatan sangadinya sudah berakhir.

"Pelantikan dan Pengakatan dalam jabatan fungsional Auditor, dilakukan penyesuaian angka kredit ASN yang bersangkutan pada insperktorat daerah kabupaten bolmut hal ini sesuai dengan ketentuan peraturan menteri pendayagunaan aperatur negara nomor Per/220/M.PAN/7/2008 tentang jabatan fungsional auditor. Dan Didasarkan pula pada surar Kepala BPKP tentang persetujuan pengakatan dalam jabatan fungsional Auditor Tahun 2020," jelas Bupati.

Dikatakannya, pengangkatan Penjabat Sangadi berasal dari Aparatur Sipil Negara dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang pelaksanaan undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, pada pasal (54) dan pasal (55).

"Disitu menyebutkan bahwa kepala desa yang diberhentikan karena berakhir masa jabatannya, Bupat/walikota mengangkat Pegawai Negeri sipil dari pemerintah daerah kabupaten/kota sebagai penjabat kepala desa sampai terpilihnya kepala desa yang baru," terang Bupati.

Dirinya juga menjelaskan bahwa pengangkatan penjabat Sangadi ini dilakukan semata mata agar kegiatan pemerintahan di desa tetap berjalan sebagimana mestinya.

"Hal ini merupakan Implementasi kebijakan dan apresiasi pemerintah daerah beserta masyarakat untuk memberikan kepercayaan dan amanah kepada seorang penjabat yang dianggap pantas dan memenuhi kriteria, dan didasarkan dengan berbagai pertimbagan lain, mengingat jabatan kepala desa adalah jabatan yang sangat strategis dalam pemerintah desa," paparnya.

Menurutnya, penjabat sangadi yang baru saja diserahkan SK-NYA, diharapkan dapat melaksanakan amanah tersebut dengan penuh keikhlasan dan tanggungjawab untuk menata dan memajukan desa sampai ada sangadi yang baru.

"Dan saya ingatkan bahwa, sebagai seorang penjabat Sangadi harus menjadi figur teladan bagi masyarakat, baik dari sikap, tutur kata maupun tindakan," kata Bupati

Kata Depri, Sangadi juga sebagai seorang pemimpin adminitrasi pemerintah di tingkat desa. Harus mampu menjadi seorang pemimpin bagi seluruh perangkat desa dalam menyelengarakan fungsi fungsi pemerintahan di wilayah, serta mampu mensukseskan program program pemerintahan secara umum dan melaporkan serta bertanggung jawabkan hasil pelaksanaan tugas tugas tersebut.

"Untuk itu saya ucapkan selamat menunaikan tugas, dengan harapan apa yang menjadi tanggung jawab saudara semata-mata untuk kepentingan masyarakat dan kemajuan daerah pada umumnya," pungkas Bupati Depri. (Mjr).

Penulis: Majer Lumantow
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved