Breaking News:

Mike Pompeo Kunjungi Indonesia

Menlu Amerika Mike Pompeo Kunjungi Indonesia, Dubes China: Provokasi Hubungan Tiongkok- Indonesia

Dubes Tiongkok menuding Pompeo melakukan serangan dan memprovokasi hubungan Tiongkok-Indonesia.

Editor: Aldi Ponge
dok DW.com/via Kontan.id
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo 

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo saat kunjungannya ke Indonesia, Kamis (29/10/2020).

Dubes China untuk Indonesia, Xiao Qian pun menyebut Pompeo melakukan serangan dan memprovokasi hubungan Tiongkok-Indonesia.

“Di tengah kunjungannya ke Indonesia, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo telah melakukan serangan yang tidak berdasar terhadap Tiongkok, telah memprovokasi hubungan Tiongkok-Indonesia, serta telah mengganggu perdamaian dan stabilitas kawasan,” ujar Xiao Qian dalam pernyataannya yang dirilis dalam situs resmi Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia, Kamis (29/10/2020).

Baca juga: Trump Vs Biden di Mata Rusia, China dan Negara Berkembang, Pilih Siapa di Pilpres AS?

Baca juga: Istri Menangis Histeris Sang Suami Tewas karena Kecelakaan, Padahal Baru Beberapa Hari Menikah

“Tiongkok menentang keras hal ini,” jelas Dubes Tiongkok.

Dia mengatakan, tindakan dan pernyataan keliru Pompeo belakangan ini semakin menyingkapkan intensi buruk AS, sekaligus menggarisbawahi adanya problem serius di dalam internal AS sendiri.

Xiao Qian menyebut AS adalah provokator " Perang Dingin Baru".

Adalah pilihan historis sekaligus pilihan rakyat, imbuh dia, memungkinkan Partai Komunis Tiongkok menjadi pemandu rakyat Tiongkok dalam melangkah pada jalur perkembangan yang sesuai dengan kondisi nasional Negeri Tira Bambu itu sendiri.

Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Mike Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Tribunnews/HO/BPMI/Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Mike Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Tribunnews/HO/BPMI/Muchlis Jr (Tribunnews/HO/BPMI/Muchlis Jr)

Dia menegaskan, Tiongkok berkomitmen untuk membangun kerja sama bersahabat dengan negara-negara lain atas dasar Lima Prinsip Hidup Berdampingan Secara Damai.

“Tiongkok juga berkomitmen untuk tidak mengekspor ideologinya ataupun mencampuri urusan dalam negeri negara lain. Namun AS justru meluncurkan apa yang disebut "Perang Dingin Baru",

memprovokasi pertentangan ideologi, dan membangkitkan "revolusi berwarna" di berbagai belahan dunia. AS juga secara brutal mengintervensi urusan dalam negeri negara lain, bahkan tidak segan menggunakan perang dan mendatangkan malapetaka bagi dunia,” ucapnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved