Breaking News:

Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Kelas, PGMI Gelar Workshop Pembelajaran Berbasis ICT

PGMI Fakultas Trabiyah dan IAIN Manado menggelar “Workshop Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technologies (ICT)" pada Selasa(27/10)

ISTIMEWA
Dr. Ardianto, S.Pd., M.Pd/Dekan FTIK IAIN Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan skill pemanfaatan Information and Communication Technologies (ICT) bagi para guru, mahasisiwa sebagai calon guru, dan praktisi pendidikan di era Revolusi Industri 4.0, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Trabiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado menggelar kegiatan “Workshop Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technologies (ICT)” pada Selasa (27/10/2020).

Kegiatan yang berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting itu dibuka secara resmi oleh Dekan FTIK IAIN Manado, Dr. Ardianto, S.Pd., M.Pd.

Dekan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan workshop yang dilaksanakan oleh Prodi PGMI FTIK IAIN Manado ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada para guru, praktisi Pendidikan, dan mahasisiwa akan pentingnya pemanfaatan teknologi pembelajaran di sekolah/madrasah khususnya dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

Dr. Ardianto, S.Pd., M.Pd
Dr. Ardianto, S.Pd., M.Pd (ISTIMEWA)

“Apalagi di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini teknologi komunikasi sebagai instrumen pembelajaran menjadi pilihan sekaligus solusi terbaik”, ungkapnya.

Dekan berharap melalui kegiatan ini para peserta workshop memiliki pengehuan dan keterampilan dalam mengelola pembelajaran berbasis ICT sebagai upaya bersama untuk tetap merelevansikan sistem pembelajaran dengan dinamika perubahan yang ada.

Maifalinda Fatra, M.Pd, Ph.D
Maifalinda Fatra, M.Pd, Ph.D (ISTIMEWA)

Hadir sebagai narasumber pada Workshop Pembelajaran Berbasis ICT oleh Prodi PGMI FTIK IAIN Manado ini adalah Maifalinda Fatra, M.Pd, Ph.D (dosen FTIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Drs. Nasri Sakamole, M.Si (Kepala Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara.

Drs. Nasri Sakamole, M.Si
Drs. Nasri Sakamole, M.Si (ISTIMEWA)

Dalam Laporan ketua panitia pelaksana, Meskiyarti Luma, M.Pd dikemukakan bahwa peserta kegiatan workshop ini diikuti oleh mahasiswa khususnya mahasiswa Prodi PGMI FTIK IAIN Manado, dosen dari berbagai perguruan tinggi, kalangan guru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Dilaporkan bahwa kegiatan yang dibiayai dari DIPA IAIN Manado tahun 2020 ini juga memperoleh sponsor dari PT. Kalbe Minuman Haydro Coco.

Maifalinda Fatra, M.Pd, Ph.D selaku narasumber pertama mengatakan bahwa seorang guru harus mampu menguasai Information and Communication Technologies (ICT) khususnya dalam di era New Normal dan terutama sekali dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

Sementara itu, Drs. Nasri Sakamole, M.Si sebagai narasumber kedua menegaskan bahwa pegembangan teknologi dalam dunia pendidikan sangat penting untuk meningkatkan kualitas guru.

Workshop yang dipandu oleh Dr. Mutmainah, S.Pd., M.Pd ini hingga akhir kegiatan diikuti sebanyak 398 peserta dari kalangan guru, dosen, mahasisiwa dan praktisi pendidikan dari berbagai daerah. (ADV)

Editor: Stevani Mottoh
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved