Terkini Daerah

Pengamat Politik Sebut Isu Pengangkatan Sekprov Dari BMR Tergantung Penilaian Masyarakat

Salah satu cara untuk menarik simpati pemilih di daerah adalah menawarkan pemekaran daerah ini menjadi provinsi dan mengangkat Sekprov Bolmong Raya

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Rhendi Umar
TRIBUN MANADO/NIELTON DURADO
Stefanus Sampe 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Terkait dengan issue yang dimainkan para Paslon Pilkada Gubernur dam Wagub soal pengangkatan Sekprov dari Bolaang Mongondow Raya (BMR),

Pengamat Politik Sulut Stefanus Sampe Ph.D mengatakan BMR ini menjadi lumbung suara yang besar dalam pilkada saat ini, oleh karena itu wajar kalau kemudian hampir semua calon gubernur berlomba-lomba untuk memperoleh sebanyak mungkin suara dari daerah ini.

Salah satu cara untuk menarik simpati pemilih di daerah itu adalah menawarkan pemekaran daerah ini menjadi provinsi dan mengangkat Sekretaris provinsi dari daerah Bolmong raya ini.

"Nah Issues pemekaran dan penempatan orang Bolmong sebagai Sekprov ini menjadi issue yg sering dimunculkan dalam pilkada ini di samping issue-issue lain," jelas Sampe kepada Tribun Manado.

Dikatakannya, apakah isues ini akan memberi dampak yang signifikan pada perolehan suara kandidat atau tidak, sangat bergantung pada karakteristik pemilih di daerah tersebut.

Kata Sampe, pemilih yang emosional umumnya akan menyambut baik tawaran ini karena merasa identitas kedaerahan mereka terakomodir dalam tawaran ini.

Pemekaran BMR dan penempatan Sekprov dari BMR ini menjadi tawaran yang menarik bagi mereka. Sedangkan bagi pemilih rasional, tawaran ini akan dipikirkan masak-masak kemungkinan, peluang dan tantangan.

"Jadi tergantung dari penilaian masyarakat BMR, mereka tidak akan terburu-buru untuk menentukan pilihan mereka sebelum mengkaji dengan baik issue ini.

Apakah tawaran ini benar-benar untuk kepentingan masyarakat BMR atau hanya untuk kepentingan elit politik saja," terang Sampe.

Disini, apakah pemekaran daerah akan mensejahterakan masyarakat BMR ataukah hanya elit politik.

Sebab dengan pemekaran ini berarti akan ketambahan panggung politik bagi politikus melalui terbentuknya suprastruktur politik yang baru dalam hal ini lembaga-lembaga eksekutif dan legislatif yang baru.

"Di samping itu juga para pemilih rasional akan melihat sudah sejauh mana proses pemekaran ini berjalan. Demikian juga dengan isu sekretaris provinsi harus dijabat oleh birokrat berasal dari BMR.

Apakah keuntungan bagi BMR kalau Sekprov berasal dari BMR dan apakah ada birokrat yang siap untuk jabatan tersebut," pungkas Sampe ( Tribunmanado/Mejer Lumatow)

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved