ILC TVOne

Mahfud Bungkam Gatot Soal PKI, Singgung Amien Rais: Dia Ketua Lembaga Tertinggi Negara Ndak Berubah

"Katanya banyak komunis, Pak Gatot pernah jadi panglima, mana komunisnya enggak ditangkap? Sekarang bicara komunis," kata Mahfud MD.

Editor: Aldi Ponge
YouTube Indonesia Lawyers Club tvOne
Menko Polhukam Mahfud MD menjawab secara lugas kritikan kepada Pemerintah di ILC, Selasa (20/10/20). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mahfud MD, Menko Polhukam menyebut sejumlah tokoh oposisi pun tak akan mampu menyelesaikan persoalan yang selama ini jadi bahan kritik.

Hal ini diungkapnya dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di TVOne pada Selasa (30/10/2020).

Dia menyebut sejumlah nama seperti Amien Rais, Din Syamsuddin hingga Gatot Nurmantyo tak mampu menyelesaikan persoalan saat mereka menjabat.

Baca juga: Video ILC, Mahfud MD Tanggapi Santai Kritik Gatot Nurmantyo soal Rendah Tingkat Kepuasan ke Jokowi

Baca juga: Mahfud MD Skak Mat Gatot Nurmantyo hingga Rizal Ramli di ILC TVOne Tadi Malam

Menko Polhukam Mahfud MD menjawab secara lugas kritikan kepada Pemerintah di ILC, Selasa (20/10/20).
Menko Polhukam Mahfud MD menjawab secara lugas kritikan kepada Pemerintah di ILC, Selasa (20/10/20). (YouTube Indonesia Lawyers Club tvOne)

Mahfud MD menyatakan ini untuk menjawab kritikan yang kerap dilakukan oleh politisi senior Amien Rais dan Presidium KAMI Gatot Nurmantyo.

Mahfud MD mengatakan bahwa dua tokoh tersebut sebelumnya juga tidak bisa menyelesaikan apa yang saat jadi bahan kritiknya.

Mahfud MD mulanya menjelaskan bahwa tokoh-tokoh yang dinilai ideal dan digadang-gadang bisa menjadi pemimpin yang baik, tidak menjamin bisa membuktikan diri pada saat memimpin.

Dirinya pun mencontohkan Amien Rais.

Menurutnya, Amien Rais tidak berbeda dengan para pemimpin atau pejabat saat ini yang selalu diberikan kritik pedas.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu lantas menyinggung peran Amien Rais ketika masih menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam memberantas korupsi.

Baca juga: Di ILC Mahfud MD Bungkam Semua Kritik ke Pemerintah, Jenderal Gatot Diam Karni Ilyas Kena Singgung

Dikatakannya bahwa tidak banyak hal yang bisa dilakukan oleh Amien Rais meski saat itu masih memiliki kewenangan penuh sebagai Ketua MPR.

"Bukan hanya orang dikritik bahkan orang juga sesudah memimpin itu meskipun ideal sebelum memimpin, sesudah memimpin bisa dikatakan tidak bisa berbuat apa-apa di luar bidangnya," ujar Mahfud MD.

"Pak Amien Rais, hebat, lokomotif demokrasi, tapi apakah apa dia bisa mengubah Indonesia, selama dia menjadi ketua lembaga tertinggi negara ndak berubah, korupsi masih banyak," katanya.

"Krona-kroni masih banyak, padahal ketua MPR-nya, Amien Rais."

Mahfud MD kemudian menyinggung soal Gatot Nurmantyo yang belakangan ini bersama organisasinya KAMI kerap mengkritik pemerintah.

Halaman
1234
Sumber: TribunWow.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved