Breaking News:

Warga Talaud Rapid Test Gratis

Perkembangan Covid-19 di Kepulauan Talaud selama ini telah tercatat 26 kasus positif dan seluruhnya dinyatakan sudah sembuh

ist
Bantuan disalurkan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bantuan bahan pokok dan alat kesehatan (alkes) tahap terakhir telah disalurkan kepada masyarakat Melonguane, Pulau Karakelang, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Penyerahan bantuan ini merupakan kerjasama antara Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, Kementerian Sosial (Kemensos), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bantuan ini diangkut menggunakan KN Pulau Marore-322 oleh Bakamla Zona Maritim Tengah dari Pelabuhan Munte, Likupang Barat, Minahasa Utara menuju ke Pulau Karakelang, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut.

Sesampainya di dermaga Pelabuhan Melonguane, Kepala Bakamla Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Leonidas Braksan bersama anak buah kapal (ABK) disambut dengan upacara adat khas Talaud dan pengalungan bunga.

Bupati Talaud Elly Engelbert Lasut bersama jajaran Forkopimda lainnya turut mennghadiri acara bakti sosial Operasi Cegah Tangkal 2020 tersebut.

"Perkembangan Covid-19 di Kepulauan Talaud selama ini telah tercatat 26 kasus positif dan seluruhnya dinyatakan sudah sembuh dan hari ini sudah dinyatakan tidak ada kasus positif. Talaud tidak lagi memiliki pasien positif Covid-19.” ujar Elly Lasut dalam sambutannya.

Meski begitu, tak menutup kemungkinan warga Talaud tetap terkena dampak pandemi Cocid-19 karena tetap ada pembatasan ruang gerak baik secara langsung atau tidak.

"Kita harus memiliki kepedulian kepada sesama manusia. Sinergitas antara Kemensos, BNPB dan Bakamla turut berperan serta meskipun jumlahnya mungkin tidak seberapa. Kita bersama-sama menanggulangi pandemi ini, kita bersama-sama membantu pemerintah dalam mengupayakan apa yang jadi permasalahan di masyarakat menjadi perhatian kita," kata Leonidas.

Dalam acara tersebut Bakamla tak hanya membagikan 450 paket sembako kepada warga yang membutuhkan, tetapi juga mengadakan tes cepat (rapid test) anti gen Covid-19.

Rapid test gratis ini dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Melonguane untuk masyarakat.

Dalam penutupan acara, Elly Lasut selaku Gubernur Kepulauan Talaud mengucapkan terima kasih kepada Kemensos, BNPB dan khususnya kepada Bakamla atas kepedulian nyata terhadap masyarakat Bumi Porodisa untuk meringankan dampak pandemi Covid-19. (*)

Penulis: Isvara Savitri
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved