Breaking News:

Kartu Identitas Anak

Banyak yang Lahir di Luar Nikah, 18.931 Anak di Bolmut Belum Miliki KIA

Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) belum sepenuhnya terpenuhi

Tribun Manado / Majer Lumantow
Kantor Dukcapil Bolmut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) belum sepenuhnya terpenuhi.

Dari total 25.484 anak di Kabupaten Bolmut, baru 5.553 anak yang sudah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Atau masih ada 18.931 anak di Kota Mania yang belum mengantongi KIA.

Hal ini dikatakan Kepala Bidang Pendaftaran dan Pelayanan Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Imam Santoso bahwa angka tersebut berdasarkan pendataan yang dilakukan di Kabupaten Bolmut tahun 2020.

"Jadi berdasarkan data Dukcapil jumlah wajib KIA di Bolmut dari total 25.484 terdiri dari laki-laki 12.816 anak dan perempuan 11.668 anak.

Baca juga: Bolmong Waspada Bencana, Warga Inisiatif Potong Pohon Tua

Baca juga: Wanita Cantik Firly Alya Langkau Semangat Awasi Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19

Baca juga: Bolmong Waspada Bencana, Warga Inisiatif Potong Pohon Tua

Sedangkan anak yang memiliki KIA dari total 5.553 terdiri dari laki-laki 2.810 dan perempuan 2.743 anak, sementara dari jumlah 18.911 yang belum memiliki KIA terdiri dari laki-laki 10.006 dan perempuan 8.925 anak," papar Santoso kepada Tribun Manado, Senin (19/10/2020).

Dikatakannya, dari hasil pendataan yang dilakukan Dukcapil Bolmut pada tahun 2020 dengan melakukan mobile ke desa-desa bersamaan dengan perekaman e-KTP serta update data melalui perangkat-perangkat desa.

Dirinya mengakui masih ada anak di luar sana yang belum terdata, hal itu disebabkan masih adanya perkawinan di luar nikah yang terjadi di Bolmut.

Baca juga: Pendaftaran PPS di Manado Sempat Ditunda Karena Kurangnya Peminat

Baca juga: Kabupaten Boltim Miliki 13 Kampung KB

“Sesuai apa yang kami temuai di lapangan memang ada anak lahir di luar nikah, bahkan sempat saya pribadi sampaikan ke orang tuannya agar dapat mengurusnya di Dukcapil, namun orang tua bersangkutan tidak melaporkan hingga saat ini,” ungkap Santoso.

Untuk itu, dirinya menyesali masih adanya orang tua bersangkutan yang terkesan malas mengurus akta lahir anaknya.

Padahal dengan memiliki akte lahir jelas anak kita memiliki identitas kependudukan yang akurat, maka sangat penting anak-anak kita memiliki dokumen kependudukan baik akte lahir maupun KIA, e-KTP, KK, dan identitas lainnya.

“Untuk itu, kami menghimbau masyarakat Bolmut yang mempunyai anak tetapi belum memiliki akte lahir agar segera mengurus akte lahir dengan membawa buku KIA, atau formulir akta lahir atau dokumen kelahiran lainnya dan tidak dipunggut biaya,” pungkasnya. (Mjr)

Baca juga: Benny Mamoto Optimistis Kematian Pendeta Yeremia Terungkap, Mahfud Siap Beber ke Publik

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Penulis: Majer Lumantow
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved