Donald Trump Kembali Salahkan China Soal Covid-19: Ini Bukan Salah Kalian, Ini Kesalahan China

Presiden 74 tahun itu memulainya dengan memuji kecekatan yang ditunjukkan dokter dan perawat di Rumah Sakit Militer Walter Reed

Editor: Finneke Wolajan
Carlos Barria/REUTERS
Donald Trump 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali menyalahkan China atas pandemi virus corona.

Donald Trump menyebut China sebagai biang keladi mewabahnya Covid-19 di seluruh dunia.

Donald Trump mengatakan itu dalam video yang diunggah di Twitter resminya.

Di mana dia juga menjanjikan obat yang dipakai menyembuhkannya bakal tersedia gratis.

Dalam video di Twitter-nya, presiden 74 tahun itu memulainya dengan memuji kecekatan yang ditunjukkan dokter dan perawat di Rumah Sakit Militer Walter Reed.

Kondisi Donald Trump. Dokter mengatakan Donald Trump kesulitan bernapas.
Donald Trump (AP/Alex Brandon)

Dia melanjutkan ucapannya dengan kembali menyebut "Negeri Panda" bertanggung jawab atas mewabahnya virus corona sejak awal 2020.

"Ini bukan salah kalian (wabah ini) terjadi. Ini adalah kesalahan China. Mereka bakal membayar sangat mahal atas perbuatan mereka di dunia ini," ancamnya dikutip Sky News Rabu (7/10/2020).

Sejak Covid-19 mulai menjalar di seluruh dunia pada Maret, Trump berulang kali menuding Beijing adalah pihak yang paling bersalah.

Pemerintahannya tidak hanya menuding Beijing menyembunyikan angka penularan sebenarnya, namun juga menyembunyikan asal usul wabah.

Gedung Putih beberapa kali menuding bahwa virus corona itu berasal dari kebocoran lab di Wuhan, kota yang pertama kali mengalami wabah ini.

Bahkan dalam salah satu twit terbarunya, presiden dari Partai Republik tersebut menyebut Covid-19 sebagai " virus China".

Dalam kicauannya itu, sang presiden menyatakan dia baru saja berbincang dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, yang juga sempat menderita virus corona.

"Sangat berterima kasih dengan kesetiakawanan dan dukungannya selama saya menyembuhkan diri dari virus China. Pria yang baik!" ujar dia.

Lebih lanjut, Trump mengumumkan dia sudah menyetujui penggunaan obat Regeneron yang dipakai menyembuhkannya untuk diberikan secara gratis.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved