Hari Batik Nasional

Meriahkan Hari Batik Nasional, P3MD Bolsel Terbangkan Layang-layang Bercorak Batik Pinahangi

Tim Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) ikut memeriahkan Hari Batik Nasional 2020

Penulis: Nielton Durado | Editor: David_Kusuma
Tribun Manado / Nielton Durado
Korkab P3MD Lucky Makalalag bersama Tim sesaat sebelum menggelar parade layang-layang bermotif Batik Pinahagi, Rabu (7/10/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOLAANG UKI - Dengan menggunakan pakaian batik, Tim Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) ikut memeriahkan Hari Batik Nasional tahun 2020.

P3MD Bolsel memilih menerbangkan layang-layang bormotif Pinahangi khas Bolango, untuk merayakan Hari Batik Nasional.

Penerbangan layangan bercorak batik Pinahangi ini dilaksanakan di Desa Tolondadu II, Kecamatn Bolaang Uki, Rabu (7/10/2020).

Menurut Koordinator P3MD Bolsel Lucky Makalalag, tanggal 2 Oktober 2020 merupakan Hari Batik Nasional yang menjadi hari istimewa bagi bangsa Indonesia.

Kabupaten Bolmut Jadi Lokus Penilaian Kinerja Penanganan Stunting 2020, Ini Penyebabnya

BPTP Balitbangtan Sulut Dampingi Petani Bunga Tomohon, Kembangkan Krisan Hulu ke Hilir

OJK Pacu Inklusi Keuangan demi Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional

Dikarenakan Hari itu, organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO memberikan pengakuan internasional.

Yakni batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Hal ini ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009, Pemerintah Republik Indonesia menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Ia menambahkan kegiatan ini di gelar sesuai surat Dirjen PPMD Kemendesa PDTT yang menginstruksikan, seluruh Tenaga Pendamping Profesional ikut memeriahkan Hari Batik Nasional Tahun 2020 dan peluncuran Gerakan Bangga Buatan Indonesia dengan tema “Yang Terbaik Yang Terbatik” dengan memakai baju Batik pada tanggal 2 Oktober sd 25 Oktober 2020.

Ini 4 Kriteria Pemimpin Dalam Budaya Mongondow, Tak Ada Keharusan Memilih dari Etnis yang Sama

Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni Luruskan 12 Poin Hoaks Soal UU Cipta Karya

“Mewakili Tenaga Pendamping Profesional Kabupaten Bolsel mengucapkan, Selamat Hari Batik Nasional dan Peluncuran Gerakan Bangga Buatan Indonesia Yang Terbaik Yang Terbatik oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,” ucap Lucky.

Ditempat yang sama Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna Amri Modeong menambahkan, dalam rangka memeriahkan Hari Batik Nasional, TPP Bolsel mengikuti Gebyar Layang Layang Batik Desa yang dilaksanakan secara virtual bersama Menteri Desa PDTT Gus Abdul Halim Iskandar melalui aplikasi V-Desa.

“Selain memeriahkan Hari Batik Nasional, kita juga turut mempromosikan Desa Wisata yang termasuk dalam Wisata Kuliner Desa Tolondadu II serta Destinasi Wisata Magrove Desa Trans patoa," ujarnya.

Olly Dondokambey Sebut Pilih Pemimpin itu Gampang, Lia Jo Apa Dorang Da Beking

"Semoga Batik bisa terus memberikan kontribusi perekonomian desa,” tambah dirinya.

Sebagai warisan budaya, batik telah dikenal lama di berbagai daerah di Indonesia.

Dengan mengemban status sebagai warisan budaya dunia, tentu menjadi tanggung jawab semua pihak untuk terus menjaga dan memajukan batik Indonesia. (Nie)

OJK Pacu Inklusi Keuangan demi Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional

Menguat, Rupiah Hari Ini 7 Oktober 2020, Tembus Angka Rp 14.710 per Dolar Amerika Serikat

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved