Terkini Daerah

Bawaslu Bolsel Bekali Panwascam Tentang Cara Penyelesaian Sengketa di Pilkada 2020

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) terus mempersiapkan diri menghadapi Pilkada Desember 2020 nanti.

Penulis: Nielton Durado | Editor: Rhendi Umar
Nielton Durado/Tribun Manado
Nampak Koordinator Divisi (Kordiv) Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulut, Awaludin Umbola, saat membawakan materi di Sutan Raja Hotel Kotamobagu belum lama ini. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) terus mempersiapkan diri menghadapi Pilkada Desember 2020 nanti.

Yang terbaru, Bawaslu Bolsel menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelesaian Sengketa Pimilihan Kepada Daerah (Pilkada) selama tiga hari di Sutan Raja Hotel Kotamobagu.

Bimtek tersebut dihadiri oleh seluruh Panitia Pengawasan Kecamatan (Pannwascam) se-Bolsel dan perwakilan Partai pengusung bakal pasangan calon (Paslon).

Menurut Supriyadi Pangellu, Kordiv Hukum dan Data Bawaslu Sulut ada beberapa tahapan pilkada yang kemungkinan besar berpotensi terjadi sengketa.

Diantaranya terjadi di tahapan pencalonan paslon, laporan rekening dana kampanye, dan tahapan kampanye.

“Harapannya, yang pasti tidak terjadi sengketa. Namun apabila terjadi, pihaknya secara kelembagaan siap menyelesaikan sengketa, berdasarkan regulasi yang ada," ujarnya, Minggu (30/8/2020) di Sutan Raja Hotel.

Di tempat yang sama, ketua Bawaslu Bolsel Rolis Hasan, mengatakan pentingnya pengawas pemilihan di level kecamatan untuk memahami setiap instrumen pengawasan dan pencegahan sengketa pemilihan yang telah disusun Bawaslu RI.

Ini menjadi alat penuntun dalam memaksimalkan pengawasan dan pencegahan sengketa pemilihan.

"Di forum ini saya berharap untuk meng-update pengetahuan dan kemampuan kita dalam penyelesaian sengketa pemilihan,” kata Hasan.

Rolis mengaku, pihaknya juga akan diintai siang-malam tentang apa yang di lakukan, dengan siapa berkumpul, hingga dengan siapa beraktifitas keseharian.

Hal ini akan menjadi salah satu hal yang perlu disikapi secara profesional.

Ada batas-batas yang harus bisa kita tegasi, sehingga tuduhan atau persepsi publik yang negatif terhadap kita bisa kita jawab dengan kinerja.

"Mari kita sama-sama buktikan kebenarannya, dengan tindakan profesional," tutur Rolis.

Senada, Koordinator Sekertaris Arthur Waroka, berharap agenda ini, bisa menambah wawasan Panwascam.

“Semoga, acara ini bisa mengoptimalkan kapasitas jajaran pengawas pemilu, yang ada di tujuh kecamatan di Bolsel," beber Waroka.

Arthur menambahkan hal tersebut merupakan, langkah preventif yang dilakukan pihaknya.

“Pastinya, kami siap menyelesaikan sengketa yang akan terjadi di kabupaten tercinta ini," tegasnya.

Turut menjadi narasumber Koordinator Divisi (Kordiv) Penyelesaian Sengketa, Awaludin Umbola, Divisi Penindakan Pelanggaran, Pimpinan Bawaslu Bolsel Kordiv pengawasan Kifly Yudi Malonda, Kordiv SDM, Monitha Mokodompit, dan sejumlah staf Bawaslu Bolsel. ( Tribunmanado/Nielton Durado)

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved