Breaking News:

Sulut Hebat

OD-SK Genjot Infrastruktur KEK Pariwisata, Ada Ruas Bandara-Likupang, hingga Jalan Lingkar KEK

Dalam Pidato Presiden RI tentang penyampaian RUU APBN tahun 2021, Presiden Jokowi mengungkap rencana pembangunan pariwisata tahun 2021

Penulis: Ryo_Noor | Editor: David_Kusuma
istimewa
Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw 

TRIBUNMANADO. CO. ID, MANADO - Provinsi Sulut terbukti jadi anak emas Presiden Joko Widodo.

Dalam Pidato Presiden RI tentang penyampaian RUU APBN tahun 2021, Presiden Jokowi mengungkap rencana pembangunan pariwisata tahun 2021 dianggarkan sekitar Rp 14,4 triliun.

Pembangunan ini diarahkan untuk mendorong pemulihan ekonomi di sekitar pariwisata di lima pengembangan pariwisata, satu di antaranya pengembangan pariwisata destinasi di kawasan Likupang, Minahasa Utara, Sulut.

Rencana ini sebenarnya sudah dipacu sejak 2020, untuk menunjang Likupang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata, maka Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK) menyiapkan Jalan Bandara - Likupang.

Infrastruktur itu ditetapkan dengan SK Gubernur Nomor 74 Tahun 2018 dan direvisi dengan SK Nomor 150 Tahun 2020 tentang Penetapan Lokasi Jalan Bandara Likupang.

KABAR BAIK, Seorang Kepala Daerah & Istrinya Dinyatakan Sehat, Sebelumnya Terkonfirmasi Covid 19

Gadis 19 Tahun Tinggal Bersama Jenazah Ibunya Selama 4 Bulan, Fakta Tak Terduga Terungkap

PSG vs Bayern Muenchen, Panggung Sastra Bola

"Ini merupakan upaya pemerintah untuk memperpendek jarak dan mempersingkat waktu tempuh dari Kota Manado ke KSPN KEK Pariwisata Likupang dengan lebar 2 x 7 meter, 4 lajur, 2 jalur, yang saat ini masih dalam penanganan Pembebasan Lahan, Perencanaan dan Pelaksanaan Fisik, yang ditargetkan dan rencana bisa dioperasikan pada tahun 2021," kata Gubernur Olly.

Gubernur mengatakan KEK Likupang diperbincangkan dan masuk dalam APBN 2021.

"Ini adalah kerja keras dan kerja cerdas kita semua, yang selalu mau bekerjasama. Karena tanpa dukungan tokoh masyarakat/pemuka agama, akademisi, stockholder/pelaku usaha, Pers dan pemerintah setempat, Desa dan kecamatan, terlebih khusus masyarakat di sekitar lokasi, pasti tidak akan berlangsung secepat ini," ungkap dia.

Dasar inilah sehingga memacu pemprov, Gubernur Olly Dondokambey selalu dan selalu mengkomunikasikan setiap perkembangan kepada pemerintah pusat, bahkan tak segan menyampaikan langsung kepada presiden RI.

Tak heran kemudian Likupang menjadi perhatian khusus Joko Widodo, bahkan sudah beberapa kali meninjau dan mengecek langsung lokasi yang ada sampai dimana kesiapan pembangunan KEK ini.

Kabar Terkini Ustad Yusuf Mansur di Rumah Sakit, Warganet Banjiri Doa Buat Kesembuhan

Fakta Pertemanan Korban dan Pelaku Pembunuhan Satu Keluarga, Akrab Sejak Kecil

"Saya bersyukur dan bangga mempunyai masyarakat sulut yang peduli dan mau bekerjasama, bahu membahu, khususnya dalam membangun sarana prasarana infrastruktur, di Sulut pada umumnya dan di area likupang khususnya. Dan semuanya ini tentu seutuhnya untuk kehidupan kesejahteraan masyarakat sulut," ungkap Olly.

Selain itu, ada juga Jalan Lingkar Marinsow-Pulisan-Pantepal, yang merupakan Jalan Lingkar KEK Likupang.

Olly mengungkapkan, perencanaa jalan lingkar tersebut sudah selesai

"Saat ini sedang dalam proses pelaksanaan fisik bekerja sama dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional Sulawesi Utara, yang ditargetkan terkoneksi dan bisa digunakan pada tahun 2021," kata Mantan Anggota DPR RI ini. (ryo)

Lionel Messi Sudah Bicara dengan Pelatih Baru, Ini Harganya Bila Terpaksa Dilepas Barcelona

Persiapan Melawan Khabib Nurmagomedov, Justin Gaethje Sampai Harus Banjir Keringat

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved