Breaking News:

Minsel

Ini Hasil Sampel Laboratorium Air Sungai Tongop Diambil DLH Minsel, Tercemar atau Tidak?

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengeluarkan rilis atas hasil uji air sungai Tongop.

andrew pattimahu/tribun manado
ampel Laboratorium Air Sungai Tongop 

TRIBUNMANADO.CO.ID,AMURANG- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengeluarkan rilis atas hasil uji air sungai Tongop.

Kepala DLH Minsel Roi Sumangkut baru-baru ini mengatakan hasil uji air yang diambil upstream dan downstream tidak terbukti melakukan pencemaran.

"Hasil uji keduanya dibawah baku mutu yang didukung parameter lainnya. Bahwa PT Sasa Inti air limbahnya tidak menyebabkan pencemaran sungai Tongop," kata Roi Sumangkut.

Sementara itu HD Deputi Head plant Ardyan Herdyanto didampingi HRGA Manager Linda Prang PT Sasa Inti Minsel mengatakan ke dugaan pencemaran tidak terbukti.

"Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian sampel air ke laboratorium terakreditasi nasional water laboratory nusantara (WLN). Di mana hasil uji kualitas air limbah di bawah baku mutu," ujar dia.

Dengan hasil tersebut, membuktikan bahwa perusahaan mereka tidak melakukan pencemaran.

Menurutnya, mendirikan perusahaan ini semuanya ikuti aturan pemerintah yang ditetapkan. "Begitu diinfokan ada dugaan pencemaran pihak perusahaan pun langsung cepat bertindak mengikuti arahan dari DLH minsel untuk sesegera melakukan uji laboratorium ke WLN," kata Ardhian.

Manager HRGA Linda Prang menambahkan hasil laboratorium ada di kantor. "Jadi terbukti perusahaan kami tidak melakukan pencemaran," kata Linda.

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved