Breaking News:

Sulut

Surga Sport Fishing di Laut Perbatasan Filipina, Pulau Mahoro Menyimpan Biota Langka

Pulau Mahoro merupakan eksotisme bahari terpendam, di kumpulan pulau kecil dalam kluster Buhias.

IST
Keindahan Pulau Mahoro Sitaro 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SITARO - Pulau Mahoro merupakan eksotisme bahari terpendam, di kumpulan pulau kecil dalam kluster Buhias.

Buhias sendiri merupakan sebuah kluster yang terdapat di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara. Klaster Buhias adalah kumpulan dari rangkaian pulau yang berada di sekitar Pulau Siau, Tagulandang dan Biaro.

Mahoro, sendiri merupakan pulau kecil yang menjadi tempat singgah nelayan, yang berada pada garis paling luar peta administrasi, serta menjadi titik paling timur dari Kabupaten Sitaro.

Mahoro juga diketahui merupakan satu diantara tiga cluster yang melindungi Pulau Siau dari hantaman angin dan gelombang pasang.

Selain berguna sebagai perisai, destinasi wisata unggulan yang berjulukan pasir emas tersebut, juga diduga merupakan habitat yang saat ini ditempati oleh celepuk Siau, spesimen langkah dan telah dinyatakan punah.

Dengan letaknya yang sangat strategis, menutupi pelabuhan Ulu, Mahoro tidak hanya dikenal dengan keindahan alam serta perisai, namun juga merupakan rumah bagi jutaan hewan laut, sehingga menjadi destinasi utama, para penggila sport fishing. Dengan berbagai potensi yang melimpah tersebut, membuat nama Pulau Mahoro, terus mendunia.

pulau Mahoro di Sitaro
pulau Mahoro di Sitaro (IST)

Untuk ke Mahoro, kita hanya perlu menaiki perahu nelayan bermesin katinting, Pulau Mahoro dapat dijangkau dalam waktu sekitar 45-60 menit dari Pelabuhan Ulu Siau. Jika menggunakan speed boat, Pulau yang tersembunyi di balik Pulau Buhias ini, dapat dijangkau hanya dalam waktu 15 menit.

Mendekati pantai, anda akan disajikan dengan hamparan karang yang terhampar di dangkalnya air.

Hamparan karang ini menjadikan warna air laut disekitar Pulau Mahoro berwarna hijau. Tak heran, tempat ini menjadi salah satu tempat snorkling favorit turis asing.

Setiba ditepi pantai, eksotisme pasir putih yang sangat cantik, akan membuat pengunjung betah. Ditambah lagi, telapak kaki dimanjakan oleh halusnya pasir putih. Namun yang spesial

Di Mahoro juga terdapat sebuah goa sarang burung walet, yang menjadi mata pencarian warga, saat air sedang surut. Seakan menambah keunikan, goa tersebut, juga menjadi magnet daya tarik untuk wisatawan.

Mahoro sangat cocok menjadi tempat melepaskan kepenatan dan rutinitas, karena jauh dari kebisingan dan polusi. Di sana hanya ada suara angin dan deru ombak, layaknya nyanyian nyiur melambai, yang memberi keteduhan. (drp)

Penulis: Don Ray Papuling
Editor: Vendi Lera
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved