Breaking News:

Update Virus Corona Indonesia

Pakar Kesehatan: Virus Tak Punya Paspor, Tak Masalah Vaksin Impor

Tetapi justru saya berpikirnya, Indonesia kalau membuat vaksin, berpikirnya jangan nasionalisme. Justru kita buat di Indonesia untuk dunia.

Freepik.com/Grid.id
Ilustrasi vaksin virus corona 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ketika kebutuhan vaksin tinggi, tidak menjadi masalah apakah pasokan vaksin didapat dari impor atau produksi dalam negeri.

Yang terpenting vaksin yang dipakai adalah produk yang terbaik untuk masyarakat.

Demikian pernyataan sejumlah pakar kesehatan Indonesia yang diwawancara Voice of America.

Profesor Tri Wibawa, pakar Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, satu di antaranya.

Ia menjelaskan yang menjadi masalah saat permintaan vaksin tinggi adalah kapasitas produksi.

“Jadi, kalau misalnya kita bisa amankan itu produk dalam negeri, tentu saja kita bisa memprioritaskan untuk masyarakat Indonesia. Sementara kalau kita hanya mendasarkan pada produksi luar negeri, maka dari sisi prioritas kita akan kalah dengan yang punya,” kata Tri Wibawa kepada VOA, Selasa (04/08/2020) malam.

Tri Wibawa menanggapi pro-kontra seputar pengadaan vaksin Covid-19, yang disebabkan virus corona jenis baru.

Seperti negara-negara lain di dunia, Indonesia berpacu dengan waktu untuk mengupayakan ketersediaan vaksin Covid-19 sesegera mungkin.

Indonesia sendiri sudah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan pembuat vaksin untuk menguji kandidat vaksin Covid-19, beberapa berasal dari sumber impor.

Namun, tambah Tri Wibawa, jika Indonesia memutuskan menggunakan vaksin impor, selama produsen di luar negeri dapat bekerja sama menjamin ketersediaan, tidak ada hal yang perlu dipersoalkan.

Halaman
1234
Editor: maximus conterius
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved