Breaking News:

Update Virus Corona Manado

Manado Masuk Zona Orange, Lumentut: Tempat Hiburan Belum Diijinkan Dibuka

Sempat berada pada zona merah atau beresiko tinggi penyebaran Covid-19 pekan lalu, kini Kota Manado kembali ada di zona orange atau beresiko sedang.

IST
Walikota Manado Vicky Lumentut 
TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sempat berada pada zona merah atau beresiko tinggi penyebaran Covid-19 pekan lalu, kini Kota Manado kembali ada di zona orange atau beresiko sedang.
Ketua Satgas Dinkes Kota Manado, dr. Marini Kapojos Rabu (5/8/2020) mengatakan berubahnya status zonasi resiko Kota Manado dari merah kembali menjadi orange, menunjukan penyebaran Covid-19 di Ibukota Bumi Nyiur Melambai tersebut, sudah mulai terkendali.
"Berdasarkan perhitungan kumulatif dari 14 indikator resiko kesehatan sesuai Juknis gugus tugas pusat Manado telah naik ke zona orange dengan score 1.92 per 2 Agustus dimana sebelumnya pada 26 Juli Manado sempat ada di zona merah dengan nilai 1.78," ujarnya.
Ia mengatakan menurunnya status dari resiko tinggi ke resiko sedang saat ini, karena adanya penurunan kasus Covid, serta perbaikan pada indikator kesembuhan kasus positif dan kasus suspek yang discarded juga surveilans laboratory dan mortality rate.
Sementara Walikota Manado, Vicky Lumentut mengatakan menurunnya resiko zonasi Kota Manado, menunjukan upaya penanganan dan penanggulangan Covid-19 yang dilakukan saat ini, sudah pada arah yang tepat. 
"Meski demikian, dengan kebijakan integrasi penanganan kesehatan dan ekonomi dengan prioritas kesehatan, masih diperlukan peningkatan kedisiplinan pemberlakuan protokol kesehatan baik oleh pemerintah, warga, dan stakeholder terkait dengan penanganan Covid19," ujarnya
Dimana lanjut dia, sesuai edaran terakhir yang dikeluarkan, untuk usaha jasa pariwisata seperti tempat hiburan dan permainan baru dapat diijinkan beroperasi jika  sudah mencapai minimal pada zona risiko rendah atau kuning. (drp)
Penulis:
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved