Breaking News:

Berita Terkini

Lobi Olly Tarif PPn Kopra-Cengkih Dikoreksi Sri Mulyani, Wagub : Penetrasi Luar Biasa

Lobi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey di pusat terkait kebijakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) produk pertanian membuahkan hasil

istimewa
Lobi Olly Tarif PPn Kopra-Cengkih Dikoreksi Sri Mulyani, 

TRIBUNMANADO. CO. ID, MANADO - Lobi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey di pusat terkait kebijakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) produk pertanian membuahkan hasil

Hasilnya Kementerian Keuangan menerbitkan beleid baru yang mengatur nilai lain sebagai dasar pengenaan pajak (DPP) dalam pengenaan pajak pertambahan nilai (PPn) .

Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw menyampaikan, upaya Gubernur Olly merupakan suatu hal yang luar biasa

"Penetrasi yang luar biasa dari seorang Gubernur," ujar Mantan Ketua DPRD Sulut kepada tribunmanado.co.id, Rabu (5/8/2020).

Kebijakan ini kata Wagub tak hanya dirasakan petani Sulut saja melainkan petani di Indonesia

"Bukan hanya warga Sulut yg menikmati tetapi seluruh petani di republik ini," ujar Wagub.

Adapun, beleid yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 89/PMK.010/2020.

Dalam beleid itu, otoritas fiskal mengatur secara khusus nilai lain sebagai DPP dalam pengenaan PPN atas penyerahan barang hasil pertanian tertentu.

“Untuk lebih menjamin rasa keadilan atas penyerahan barang hasil pertanian tertentu, perlu mengatur secara tersendiri penetapan nilai lain sebagai DPP atas penyerahan barang hasil pertanian tertentu dalam PMK,” demikian bunyi penggalan bagian pertimbangan PMK yang ditandatangani Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta, 17 Juli 2020.

Pada bagian lampiran, diperinci penyerahan barang hasil pertanian yang bisa menggunakan DPP nilai lain dalam pengenaan PPN antara lain 24 jenis komoditas perkebunan mulai dari buah dan cangkang dari kelapa, cengkeh, padi, kelapa sawit, kakao, getah karet, daun tembakau, batang tebu, hingga batang, biji, ataupun daun dari tanaman perkebunan dan sejenisnya.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved