Breaking News:

NEWS

Israel Tawarkan Bantuan Kemanusian Kepada Lebanon, Bantah Keras Terlibat dalam Aksi Peledakan

Israel menyatakan, mereka sama sekali tidak ada kaitannya dengan ledakan di ibu kota Lebanon, Beirut, pada Selasa (4/8/2020)

istimewa
Negara Israel didirikan pada 14 Mei 1948 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ledakan besar yang terjadi Lebanon sempat dikaitkan dengan Israel.

Pasalnya keduanya diketahui masih berperang sebagaimana dilansir dari AFP, Rabu (5/8/2020).

Israel menyatakan, mereka sama sekali tidak ada kaitannya dengan ledakan di ibu kota Lebanon, Beirut, pada Selasa (4/8/2020).

Sebanyak 100 orang tewas dengan lebih dari 4.000 lainnya terluka ketika dua ledakan terjadi di kawasan pelabuhan Selasa waktu setempat.

"Israel tidak kaitannya sama sekali dengan insiden ini," terang salah satu pejabat yang tidak ingin diungkap identitasnya, dikutip Reuters Rabu (5/8/2020).

Tentara Lebanon berdiri di sekitar lokasi ledakan, sementara sebuah helikopter memadamkan api di lokasi ledakan di pelabuhan ibukota Lebanon, Beirut pada 4 Agustus 2020.
Tentara Lebanon berdiri di sekitar lokasi ledakan, sementara sebuah helikopter memadamkan api di lokasi ledakan di pelabuhan ibukota Lebanon, Beirut pada 4 Agustus 2020. ((STR / AFP))


Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi kepada kanal televisi N12 mengatakan, ledakan di Beirut terjadi karena adanya api.

Tel Aviv sendiri melalui Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sudah meminta dewan keamanan berkontak dengan Utusan PBB di Timur Tengah, Nickolay Mladenov.

Tujuannya, mereka ingin mencari tahu bagaimana Israel bisa menyalurkan bantuan kemanusiana kepada Lebanon atas ledakan di ibu kota.

Tawaran bantuan itu dapat disalurkan melalui perantara internasional berupa bantuan medis, bantuan kemanusiaan, dan bantuan kegawat daruratan.

"Kami berbagi kepedihan dengan rakyat Lebanon dan dengan tulus menawarkan bantuan kami pada saat yang sulit ini,” kata Presiden Israel Reuven Rivlin.

Halaman
123
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved